Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Hirohito

Kaisar Shōwa
昭和天皇
Potret resmi, 1935.
Kaisar Jepang ke-124
Berkuasa25 Desember 1926 – 7 Januari 1989
(62 tahun, 14 hari)
Penobatan10 November 1928
PendahuluYoshihito, Kaisar Taishō
PenerusAkihito, Kaisar Heisei
Perdana Menteri
Wali Kaisar
Masa perwalian29 November 1921 – 25 Desember 1926
PenguasaKaisar Taishō
Informasi pribadi
KelahiranHirohito, Pangeran Michi
(迪宮裕仁親王)
(1901-04-29)29 April 1901
Istana Tōgū, Aoyama, Tokyo
Kematian7 Januari 1989(1989-01-07) (umur 87)
Istana Ōmiya
Pemakaman24 Februari 1989
WangsaYamato
Nama dan tanggal periode
Shōwa (昭和): 1926–1989
Nama anumerta
Tsuigō: Kaisar Shōwa (昭和天皇)
AyahYoshihito, Kaisar Taishō
IbuSadako, Permaisuri Teimei
PasanganNagako, Permaisuri Kōjun
AnakShigeko, Putri Teru
Sachiko, Putri Hisa
Kazuko, Putri Taka
Atsuko, Putri Yori
Akihito, Kaisar Jepang
Masahito, Pangeran Hitachi
Takako, Putri Suga
Tanda tanganKaisar Shōwa 昭和天皇

Hirohito[a] (29 April 1901 – 7 Januari 1989), juga dikenal dengan nama anumerta Kaisar Shōwa,[b] adalah kaisar Jepang ke-124, yang memerintah dari tahun 1926 hingga kematiannya pada tahun 1989. Masa pemerintahannya selama lebih dari 62 tahun adalah yang terpanjang dari semua kaisar Jepang dalam sejarah dan salah satu dari raja yang paling lama memerintah di dunia.

Dia adalah kepala negara di bawah Konstitusi Meiji selama ekspansi kekaisaran Jepang, militerisasi, dan Perang Dunia II. Di bawah kepemimpinan Hirohito, Jepang mengobarkan perang di Asia pada tahun 1930-an dan 1940-an.

Setelah Jepang menyerah, meskipun Jepang mengobarkan perang atas nama Hirohito, ia tidak dituntut atas kejahatan perang, karena Jenderal Douglas MacArthur berpikir bahwa kaisar yang berpura-pura kooperatif akan membantu pembangunan Pendudukan Sekutu yang damai dan akan membantu AS mencapai tujuan pascaperangnya.[1] Pada tanggal 1 Januari 1946, di bawah tekanan Sekutu, Kaisar secara resmi melepaskan wewenang keilahiannya.

Hirohito dan istrinya, Nagako, memiliki dua putra dan lima putri; ia digantikan oleh anak kelima dan putra sulungnya, Akihito. Pada tahun 1979, Hirohito menjadi satu-satunya raja di dunia yang bergelar "Kaisar".

Biografi

Hirohito merupakan anak pertama dari Kaisar Yoshihito (Taisho) dan Permaisuri Teimei (Sadako), dan kakak dari Pangeran Yasuhito Chichibu (1903-1953), Pangeran Nobuhito Takamatsu (1905-1987) serta Pangeran Takahito Mikasa (1915-2016). Sebelum naik takhta ia dikenal sebagai Pangeran Michi (迪宮, Michi-no-Miya). Masa kekuasaannya sebagai kaisar dikenal sebagai era Showa yang berarti damai, cerah budi. Namun ironisnya, justru pada saat itu, Jepang terlibat perang melawan RRT dan akhirnya dalam Perang Dunia II. Di Indonesia, ketika masa pendudukan Jepang (1942-1945) Hirohito dikenal sebagai Tenno Heika yang berarti "Yang Mulia Kaisar".

Hirohito mengenyam pendidikan awal di Gakushuin Peer's School dari April 1908 hingga April 1914, kemudian mendapatkan pendidikan khusus untuk putra mahkota (Togu-gogakumonsho) di Istana Akasaka dari tahun 1914 sampai Februari 1921. Mendapatkan karier sebagai letnan and sub-lieutnant (1st class) 9 Desember, 1912 pada Angkatan Darat Kekaisaran, kapten dan letnan (31 Oktober 1916, mayor dan wakil komandan (31 Oktober 1920 )letnan kolonel dan komandan (31 Oktober1923) dan kolonel dan komandan Angkatan Laut Kekaisaran (Kaigun) (31 Oktober 1924). Ia diangkat menjadi putra mahkota secara resmi pada tanggal 16 November 1916. Pada tahun 1922 ia mengadakan kunjungan ke Inggris dan sejumlah negara negara Eropa. Kunjungan ini dianggap kelompok sayap kanan kontroversial sehingga menewaskan Perdana Menteri Hamaguchi.

Hirohito memiliki pengetahuan tentang penelitian biologi laut dan beberapa hasil penelitiannya dituangkan dalam sejumlah buku di antaranya The Opisthobranchia of Sagami Bay dan Some Hydrozoans of the Amakusa Islands.

Ia dinobatkan menjadi kaisar pada tanggal 25 Desember 1926 setelah ayahnya Kaisar Taisho meninggal, dilantik secara resmi 10 November, 1928, di Tokyo.

Pernikahan dan Keluarga

Hirohito menikah dengan Putri Nagako, putri sulung Pangeran Kuniyoshi pada tanggal 26 Januari 1924 dan dikaruniai 7 orang anak, Putri Teru Shigeko (1925-1961), Putri Hisa Sachiko (1927-1928), Putri Taka Kazuko (1929-1989), Putri Yori Atsuko (1931- ), Pangeran Akihito (1933- ), Pangeran Hitachi Masahito (1935 - ), Putri Suga Takako (1939 - ).

Masa bertakhta

Pada masa ia bertakhta, Hirohito menyaksikan pertentangan di dalam negeri dan peperangan yang diawali dengan kericuhan di dalam negeri akibat pertentangan antara kelompok moderat dengan golongan kanan ultranasionalis yang disokong militer khususnya Angkatan Darat sebagai kekuatan terbesar pada saat itu. Akibatnya sejumlah pejabat tinggi, pengusaha dan tokoh-tokoh penting negara terbunuh dan puncaknya adalah insiden militer 26 Februari 1936, yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Saburo Aizawa serta 1500 prajurit. Peristiwa ini juga melibatkan pangeran Yashuhito Chichibu sehingga Kaisar Hirohito sendiri turun tangan dan memerintahkan pasukan Angkatan Bersenjata kekaisaran untuk menyelesaikan hal ini dan memastikan loyalitas dari seluruh keluarga kekaisaran. Meskipun demikian diam-diam insiden ini "direstui" oleh kalangan pimpinan Angkatan Darat terutama dari kalangan ultranasionalis. Oleh karena itu pada tahun 1930, klik ultranasionalis dan militer menguasai pimpinan pemerintahan.

Akhirnya, pada masa kekaisaran Hirohito Jepang tercatat terlibat peperangan di antaranya Insiden Manchuria 1931, Insiden Nanking 1937, dan Perang Dunia II dengan melancarkan serangan atas Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour 7 Desember 1941.

Hari Yang Terpanjang dan Akhir Perang

Menjelang akhir perang (1945), Jepang sudah praktis kalah perang. Angkatan Lautnya bisa dikatakan hampir habis dan Angkatan Daratnya kewalahan. Namun pihak Angkatan Darat masih ingin melanjutkan peperangan. Rapat 6 Besar (Angkatan Darat Jendral Umezu,Angkatan Laut Admiral Toyoda, Kementrian Peperangan Jendral Korechika Anami, Menteri Luar Negeri Shinegori Togo, Perdana Menteri Suzuki Kantaro, Kementrian Angkatan Laut Admiral Yonai Mitsumasa) macet. Muncul pula ancaman pemberontakan komunis yang dikhawatirkan beberapa pejabat teras kekaisaran. Lambannya penanganan masalah ini ditambah dengan dijatuhkannya bom atom di Hiroshima (6 Agustus 1945), Nagasaki (9 Agustus 1945) serta pernyataan perang Uni Soviet (yang sebelumnya netral karena perjanjian Molotov-Matsuoka dengan batas akhir April 1946) sesaat setelah dijatuhkannya bom atom di Nagasaki, membuat Kaisar memerintahkan untuk menghentikan peperangan pada konfrensi 6 Besar yang dikatakan pada tanggal 10 Agustus 1945:

"Meneruskan peperangan hanya akan menambah kesengsaraan rakyat Jepang, kondisi negara tidak akan mampu untuk bertahan cukup lama dan kemampuan mempertahankan persisir pantai saja sudah diragukan. Sangat sulit melihat tentara yang setia dilucuti ..tetapi saatnya untuk menanggung apa yang tidak tertanggungkan. Saya menyetujui proposal untuk menerima proklamasi Sekutu (Potsdam) yang garis besarnya ada di menteri luar negeri"

Karena desakan kaisar inilah akhirnya Jepang menyatakan menyerah pada tanggal 14 Agustus 1945.

Kaisar setelah perang

Setelah Perang Asia (Dai Toa Senso) selesai, banyak desakan agar kaisar Hirohito diadili sebagai penjahat perang. Ada banyak keterangan kontroversial mengenai keterlibatannya dalam perang baik sebelum maupun pada saat Perang Dunia II. Di antaranya adalah David Bergammi dalam bukunya Japan Imperial Conspiracy yang mengatakan bahwa kaisar terlibat dalam perencanaan perang. Namun banyak pula yang tidak setuju dengan alasan bahwa dia hanyalah sebagai simbol dan pemimpin agama sebagaimana kaisar-kaisar periode sebelumnya Shogun sekalipun pada saat itu berkedudukan sebagai komando tertinggi.

Menteri Peperangan Amerika Serikat Henry Stimson mengatakan "Tidak menurunkan kaisar Jepang dari takhtanya akan memudahkan proses penyerahan dan menghindarkan peperangan yang dapat merugikan khususnya pasukan pendudukan, yang kita lakukan terhadap Kaisar Jerman pasca Perang Dunia I sehingga publik menganggap kaisar Jerman adalah musuh, setan (devil), mengakibatkan kekosongan kekuasan dan tata pemerintahaan di wilayah itu sehingga memunculkan Adolf Hitler".

Sekalipun banyak desakan dari berbagai pemimpin dunia agar Kaisar Hirohito diadili, termasuk diantaranya Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman meskipun akhirnya Presiden Truman setuju untuk mempertahankan kedudukan kaisar. Panglima pendudukan, Jendral Douglas McArthur juga tetap menempatkan Hirohito pada tahtanya sebagai simbol dan memperlancar pembangunan kembali Jepang dan simbol keterpaduan Kaisar dengan rakyatnya terutama pada masa pendudukan. Kedudukan Kaisar pada takhtanya didasarkan pada konstitusi baru yang diterapkan 3 Mei 1947 yang dinamakan Konstitusi Jepang atau konstitusi pasca perang yang menetapkan kaisar sebagai lambang atau simbol dan kepala negara sebagaimana kerajaan atau monarki konstitusional. Konstitusi ini menggantikan Konstitusi Meiji pada era Meiji dimana kaisar sebagai pemegang komando dan kekuasaan tertinggi.

Kaisar Hirohito menyaksikan kemajuan pembangunan Jepang pasca-perang. Ia mengunjungi kembali beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat dan bertemu Presiden Richard Nixon pada tahun 1971.

Kematian

Kaisar Hirohito meninggal pada tanggal 7 Januari 1989 akibat penyakit kanker usus dua belas jari (duodenum) yang dideritanya. Pemakaman kenegaraannya dihadiri oleh para pemimpin dunia di antaranya Presiden Amerika Serikat George Bush, Presiden Prancis Francois Mitterand, HRH Duke of Edinburgh dari Inggris, dan Raja HM Baudouin dari Belgia, pada tanggal 24 Februari 1989. Jenazahnya dimakamkan di Mausoleum Kekaisaran Musashino, di samping makam Kaisar Taisho. Kedudukannya digantikan oleh Putra Mahkota Akihito.[2]

Galeri

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Rich 2018.
  2. ^ "Hirohito's survivors". Los Angeles Times. 7 January 1989. Diakses tanggal 3 December 2016. 

Pranala luar

Hirohito
Lahir: 29 April 1901 Meninggal: 7 Januari 1989
Gelar
Didahului oleh:
Yoshihito, Kaisar Taishō
Kaisar Jepang
25 Desember 1926 – 7 Januari 1989
Diteruskan oleh:
Akihito


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan

Read other articles:

International non-governmental organisation International Mathematical UnionIMU logo based on the Borromean ringsLegal statusunincorporated association, recognized as a charitable organization by the internal revenue service of Berlin, GermanyPurposePromoting International Cooperation in MathematicsLocationIMU Secretariat, Hausvogteiplatz 11A, D-10117 Berlin, GermanyPresidentHiraku NakajimaParent organizationInternational Science CouncilWebsitemathunion.org The International Mathematical Union (…

Austrian actress Leopoldine KonstantinKonstantin in 1910BornLeopoldine Eugenie Amelie Konstanti(1886-03-12)12 March 1886Brünn, Moravia, Austria-HungaryDied14 December 1965(1965-12-14) (aged 79)Hietzing, Vienna, AustriaNationalityAustrianOccupationActressYears active1907–1948Spouses Alexander Strakosch ​ ​(m. 1906; div. 1924)​ Geza Herczeg ​ ​(m. 1924; div. 1938)​ Children1 Leopoldine Kons…

هذه المقالة بحاجة لصندوق معلومات. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة صندوق معلومات مخصص إليها. رغوة الجعة رغوة الجعة (أو رغوة البيرة) هي رغوة تتشكل عادة أعلى كأس الجعة، وذلك بسبب فقاعات الغاز، غالباً ثنائي أكسيد الكربون، المتصاعدة إلى السطح. تتألف الرغوة إلى جانب الغاز م

فستوتشني (ميناء فضائي)   تفاصيل الوكالة الحكومية البلد روسيا  تأسست 2011  الإحداثيات 51°53′04″N 128°20′05″E / 51.884552777778°N 128.33477777778°E / 51.884552777778; 128.33477777778  الإدارة موقع الويب الموقع الرسمي  تعديل مصدري - تعديل   إطلاق سويوز-2.1A من فوستوشني كوسمودروم ميناء فستوت…

نورتشا    شعار الاسم الرسمي (بالإيطالية: Norcia)‏    الإحداثيات 42°47′36″N 13°05′38″E / 42.793333333333°N 13.093888888889°E / 42.793333333333; 13.093888888889  [1] تقسيم إداري  البلد إيطاليا[2]  التقسيم الأعلى مقاطعة بِرُوجَة  خصائص جغرافية  المساحة 275.58 كيلومتر مربع (9 أكتو…

Luca Marchegiani Marchegiani pada tahun 2003Informasi pribadiNama lengkap Luca MarchegianiTanggal lahir 22 Februari 1966 (umur 57)Tempat lahir Ancona, ItaliaTinggi 1,88 m (6 ft 2 in)Posisi bermain Penjaga gawangKarier junior JesiKarier senior*Tahun Tim Tampil (Gol)1984–1987 Jesi 33 (0)1985–1986 → Aurora Latini (pinjaman) 0 (0)1987–1988 Brescia 1 (0)1988–1993 Torino 146 (0)1993–2003 Lazio 243 (0)2003–2005 Chievo 66 (0)Total 489 (0)Tim nasional1992–1996 Italia 9…

Lukisan Para pelacong diserang oleh gerombolan brigand karya Nicolaes Pieterszoon Berchem (sekitar 1670). Brigandage adalah kehidupan perampokan jalan raya dan praktik penjarahan,[1] yang dilakukan oleh seorang brigand, yaitu seseorang yang biasanya tinggal dalam sebuah geng dan hidup dengan cara merampok atau menjarah.[2] Kata brigand masuk ke dalam kosakata bahasa Inggris menjadi 'brigant' melalui bahasa Prancis dari bahasa Italia pada awal tahun 1400. Di bawah hukum perang, pr…

Sami GayleGayle di PaleyFest pada Oktober 2014LahirSamantha Gail Klitzman22 Januari 1996 (umur 27)Weston, Florida, Amerika SerikatAlmamaterUniversitas ColumbiaPekerjaanPemeranTahun aktif2009–sekarang Sami Gayle (lahir 22 Januari 1996) adalah pemeran Amerika Serikat. Ia berperan sebagai Nicky Reagan dalam seri CBS Blue Bloods. Kehidupan awal Gayle lahir dan dibesarkan di Weston, Florida.[1][2] Filmografi Peran film dan televisi Tahun Judul Peran Catatan 2009–2010 As …

Опис файлу Опис Hrvatski Nogometni Savez. Емблема Хорватського футбольного союзу Джерело Офіційний сайт союзу Автор зображення Розробники Ліцензія див. нижче Ліцензування Це логотип (емблема) організації, товару, або заходу, що перебуває під захистом авторських прав та/або є товарни…

Australia, a close neighbour of both Indonesia and East Timor, was the only country to recognise Indonesia's annexation of East Timor.[1] Some members of the Australian public supported self-determination for East Timor,[2] and also actively supported the independence movement within Australia.[2] The Australian Government saw the need for both stability and good relations with their neighbour, Indonesia.[3] However, it was criticised in some quarters, including b…

Mexican swimmer This article needs additional citations for verification. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Eulalio Ríos Alemán – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (January 2012) (Learn how and when to remove this template message) Eulalio RíosEulalio Ríos with Marco Antonio Muñoz, governor of Veracruz. c. 1955Personal informationFull …

New Year's stamp of the Ryukyu Island for 1959 This is a survey of the postage stamps and postal history of the Ryukyu Islands. The Ryukyu Islands are a chain of islands in the western Pacific Ocean, on the eastern limit of the East China Sea and to the southwest of the island of Kyushu in Japan. The largest of the islands is Okinawa Island. The Ryukyu Kingdom was formally annexed by the Empire of Japan in 1872, although the kingdom had been part of the feudal Satsuma Domain in Kyushu since the …

Founder of a Swiss mercenary regiment Charles-Daniel de Meuron (1738-1806) Count Charles-Daniel de Meuron (6 May 1738 - 4 April 1806) was the founder of a Swiss mercenary regiment, Regiment de Meuron, which was employed in the service of the Dutch East India Company in Cape Town and Ceylon. History Charles-Daniel was born in Neuchâtel and enlisted as an ensign in the Swiss Marine Regiment de Hallwyl in 1756. After service in the Seven Years' War against the British, de Meuron transferred to the…

Andrew LangFBASinh(1844-03-31)31 tháng 3 năm 1844Selkirk, Selkirkshire, ScotlandMất20 tháng 7 năm 1912(1912-07-20) (68 tuổi)Banchory, Aberdeenshire, ScotlandNghề nghiệpNhà thơtiểu thuyết gianhà phê bình văn họcnhà nhân loại họcHọc vấnĐại học St AndrewsCao đẳng Balliol, OxfordGiai đoạn sáng tácThế kỷ 19Thể loạiVăn học thiếu nhi Andrew Lang (31 tháng 3 năm 1844 – 20 tháng 7 năm 1912) là nhà thơ, tiểu thuyết gia…

Opera by Antonio Vivaldi GriseldaDramma per musica by Antonio VivaldiCover of the libretto for the premiereLibrettistApostolo Zeno, Carlo GoldoniPremiere18 May 1735 (1735-05-18)Teatro San Samuele, Venice Griselda (Italian pronunciation: [ɡriˈzɛlda]) is a dramma per musica in three acts that was composed by Antonio Vivaldi. The opera uses a revised version of the 1701 Italian libretto by Apostolo Zeno that was based on Giovanni Boccaccio's The Decameron (X, 10, The Patie…

هذه المقالة تحتاج للمزيد من الوصلات للمقالات الأخرى للمساعدة في ترابط مقالات الموسوعة. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة وصلات إلى المقالات المتعلقة بها الموجودة في النص الحالي. (أبريل 2018) أوت ديمارارا بيربيس     الإحداثيات 5°16′09″N 58°16′01″W / 5.2691277777778°N 58.2670…

2015 EP by Ayumi HamasakisixxxxxxEP by Ayumi HamasakiReleasedAugust 5, 2015 (2015-08-05)Recorded2015GenreJ-PopLength27:30LabelAvex TraxProducerMax MatsuuraAyumi Hamasaki chronology A One(2015) sixxxxxx(2015) Winter Diary: A7 Classical(2015) Singles from sixxxxxx Step by StepReleased: July 1, 2015 sixxxxxx is the sixth extended play by Japanese recording artist and songwriter Ayumi Hamasaki. The EP was released on August 5, 2015, by Avex Trax and was produced by long-time c…

This article does not cite any sources. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: Skewb Ultimate – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (April 2019) (Learn how and when to remove this template message) Meffert's version of the 6-color Skewb Ultimate The Skewb Ultimate, originally marketed as the Pyraminx Ball, is a twelve-sided puzzle derivation of the Sk…

Logo Sensus Australia 2006. Sensus di Australia dilaksanakan sekali tiap lima tahun oleh Australian Bureau of Statistics. Sensus terbaru dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2006; sensus berikutnya akan dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2011. Sebelum pengenalan sensus reguler tahun 1961, juga ada sensus tahun 1901, 1911, 1921, 1933, 1947, dan 1954. Wajib bagi setiap rumah tangga untuk menjawab semua pertanyaan, kecuali tentang agama dan pengarsipan detail sensus pribadi. Sensus menghitung semua orang…

Municipality in Värmland County, SwedenSunne Municipality Sunne kommunMunicipalitySunne church in Värmland, Sweden Coat of armsCoordinates: 59°50′N 13°08′E / 59.833°N 13.133°E / 59.833; 13.133CountrySwedenCountyVärmland CountySeatSunneArea[1] • Total1,448.25 km2 (559.17 sq mi) • Land1,288.11 km2 (497.34 sq mi) • Water160.14 km2 (61.83 sq mi) Area as of 1 January 2014.P…

Kembali kehalaman sebelumnya