Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

SMK Negeri 1 Purworejo

SMK Negeri 1 Purworejo
Logo SMK Negeri 1 Purworejo
Informasi
Didirikan1967
JenisNegeri
AkreditasiA
Kepala SekolahDra. Indriati Agung Rahayu, M.Pd
Jumlah kelas12
Jurusan atau peminatan7
Rentang kelasTingkat I,II, dan III
KurikulumKurikulum Berbasis Kompetensi
Jumlah siswa1188
StatusRSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional)
NEM terendah7,60 (2010)
NEM tertinggi10 (2010)
Nilai masuk rata-rata8,80 (2010)
Alamat
LokasiJl. Tentara Pelajar Kotak Pos 127 Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Tel./Faks.(0275) 321948
Situs web[1]
KampusPinggir
Moto

Sejarah

SMK Negeri 1 Purworejo adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Purworejo yang melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Teknik. Proses yang cukup panjang telah dialami oleh Sekolah ini untuk menjadi seperti sekarang ini.

Berawal dari semangat dan cita-cita luhur beberapa putera daerah Kabupaten Purworejo, pada tahun 1963 mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan yang bernaung di bawah Yayasan Sekolah Perkapalan Semarang dan diberi Nama STM Perkapalan Purworejo di Jalan Raya Kutoarjo – Purworejo km 2,5 tepatnya di Desa Kledung Karang Dalem Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo.

Pada bulan Juni 1966 Sekolah ini meningkat menjadi Kelas jauh dari STM Negeri II Semarang untuk Jurusan Mesin Kapal dan kelas jauh dari STM Negeri IV Semarang untuk Jurusan Dermaga Samudera.

Pada tahun 1967 Sekolah ini ditetapkan menjadi STM Negeri Purworejo melalui SK Menteri P dan K Nomor: 389/Kep.Dit.pt/86/67 tertanggal 16 Oktober 1967 dan membuka jurusan Mesin untuk menggantikan jurusan Mesin Kapal.

Sesuai dengan kebutuhan daerah saat itu dengan SK Menteri P dan K No. D. 302/Set-DDT/69 tertanggal 27 Desember 1969 Jurusan Dermaga Samudera diganti dengan Jurusan Bangunan Air dan Bangunan Gedung ditambah Jurusan Baru yakni Jurusan Listrik. Dengan demikian SMK Negeri 1 Purworejo atau STM Negeri Purworejo dinyatakan berdiri sendiri sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Purworejo sejak tanggal 16 Oktober 1967 dan Kepala Sekolah pertama yang memimpin STM Negeri Purworejo adalah Alm. R. Ma’oen Setjonolo sampai dengan tahun 1971.

Tahun Pembelajaran 1971 sampai dengan 1976 terus dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan pelayanan pendidikan dibawah kepemimpinan Alm. Drs. Hadi Wijono. Tahun 1976 sampai dengan tahun 1988 dibawah kepemimpinan alm. R. Wachjudi, BE terjadi penggolongan Rumpun yakni Rumpun Bangunan dengan Program Studi Bangunan Gedung, Rumpun Listrik dengan Jurusan Listrik Instalasi dan Rumpun Mesin dengan Program Studi Mekanik Umum ( SK Nomor 108/C4/Kep/I.86 tertanggal 4 Desember 1986). Bantuan pemerintah untuk dunia pendidikan kejuruan terus berlanjut pada masa kepemimpinan R. Wachjudi, BE. Rintisan untuk memperluas area Sekolah dengan Sarana dan Prasarana yang lebih representatif dikabulkan dengan dibangunnya Sekolah di lokasi yang baru di Desa Kledung Kradenan Kec. Banyuurip Purworejo tepatnya Jl. Tentara Pelajar Kotak Pos 127 Purworejo atau jalan utama Purworejo – Kutoarjo Km. 3. Letaknya sangat strategis ; 300 M barat laut dari SMK N1 Purworejo berdiri Gedung Olah Raga dan Stadion WR Supratman, tepat disebelah utara berdiri Gedung / Sanggar Pramuka, 500 M disebelah barat adalah Terminal Bus – Purworejo. Jalan utama Purworejo – Kutoarjo dilayani transportasi angkutan kota yang memudahkan masyarakat datang atau berkunjung ke SMK Negeri 1 Purworejo untuk memanfaatkan pelayanan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Teknik.

SMK Negeri 1 Purworejo adalah lembaga pendidikan yang terbuka bagi masyarakat luas. Tahun 1988 sampai dengan 1994 STM Negeri Purworejo dipimpin oleh R. Moch. Saleh, BE. Pada masa ini Sekolah pindah ke lokasi baru tersebut. Program Studi bertambah yakni Program Studi Teknik Pekerjaan Logam yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Teknik Las dan Teknik Bangunan Air.

Riwayat Kepala Sekolah

Tahun 1994 sampai dengan 1996 STM Negeri Purworejo dipimpin oleh Drs. Suharyanto, dan karena prestasinya dalam memimpin dia dimutasi ke STM Pembangunan Textil Pekalongan walaupun baru 2 tahun mengabdikan dirinya di STM Purworejo. Tahun 1994 sampai dengan tahun 2004 Drs. Sigit Pramuko R tampil memimpin STM Negeri Purworejo yang dengan adanya kebijakan pemerintah STM Negeri Purworejo berganti nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Purworejo ( SMK Negeri 1 Purworejo ). Pada bulan September 2004 serah terima kepemimpinan dilakukan dari Drs. Sigit Pramuko R kepada Drs. Hanafie. Sedangkan pada 10 September 2007 SMK Negeri 1 Purworejo dipimpin oleh Bapak H. Hery Maryanto, M.Pd.

Pada tahun 2012 Bapak H. Hery Maryanto, M.Pd. jatuh sakit, sehingga digantikan sementara oleh Bapak Suhirman M.Pd. sebelum akhirnya pada tahun yang sama SMK N 1 Purworejo dipimpin oleh Bapak Budiyono, S.Pd., M.Pd. Pada bulan Maret tahun 2020 diadakan serah terima jabatan dilakukan oleh Bapak Budiyono, S.Pd., M.Pd. Kepada Ibu Dra. Indriati Agung Rahayu, M.Pd. yang mulai bertugas dari bulan Maret 2020.

Baca informasi lainnya yang berhubungan dengan : SMK Negeri 1 Purworejo

Sekolah menengah kejuruan SMK Kehutanan Sobat Bumi SMK Darunnajah Tank SMK SMK Arrohmah Dadaha SMK Mutiara Jaya SMK Dwiguna Depok SMK Letris Indonesia SMK Budiniah SMK PGRI Subang SMK Kanaan SMK Ma'arif 2 Sleman SMK Negeri 4 Tasikmalaya SMK NU Ungaran SMK Negeri 1 Tasikmalaya SMK Negeri 3 Tasikmalaya SMK Telkom Medan SMK Muhammadiyah Pekalongan SMK Nahdlatul Ulama Balikpapan SMK Negeri 1 Bakung SMK Prakarya Internasional SMK PGRI Sutojayan SMK Institut Indonesia Kutoarjo SMK Binakarya Mandiri Bekasi SMK Wiratama Kotagajah SMK Negeri 1 Selayar SMK Negeri 1 Sukoharjo (Lampung) SMK Puja Bangsa SM…

K Teknik Informatika Bandung SMK IPTEK Tangerang Selatan SMK Negeri 1 Noyan SMK Negeri 1 Cikampek SMK Purnama Bakti SMK Muhammadiyah Long Ikis SMK Negeri 4 Padalarang SMK TI Bulukumba SMK Bina Am Ma'mur SMK Agrapura Parahita SMK Negeri 4 Blitar SMK Telkom Jakarta SMK Negeri 2 Depok Sleman SMK Negeri 2 Cipunagara SMK Negeri 1 Klaten SMK Negeri 8 Mataram SMK Negeri 3 Salatiga SMK Negeri 2 Pekanbaru SMK Hang Nadim Batam SMK Muhammadiyah Kramat SMK Tunas Harapan Pati SMK Catur Global SMK HUTAMA SMK Al-Mubarok Kota Serang SMK Negeri 1 Kawali SMK Mitra Kencana Jakarta SMK Muhammadiyah 1 Lamongan SMK Negeri 1 Majene SMK Al Fattah Tigaraksa SMK Arroja SMK Negeri 1 Punggelan SMK Bina Rahayu SMK Negeri 1 Mojokerto SMK Pengetahuan Nusantara Sakti Padalarang SMK Santa Maria Pontianak SMK Sirojul Huda 3 SMK Negeri 1 Sanggau SMK YAPEK Gombong SMK Wikrama 1 Jepara SMK Negeri 1 Kota Bekasi SMK Negeri 2 Trenggalek SMK Negeri 1 OKU SMK Negeri 2 Kota Bekasi SMK Migas Cibinong SMK Negeri 3 OKU SMK Negeri 2 Malang SMK Negeri 1 Mimika SMK Negeri 1 Alian SMK Negeri 1 Cerme SMK Negeri 1 Bandar Pacitan SMK Negeri 1 Cikarang Selatan SMK Intan Husada SMK Negeri 1 Sungailiat SMK Negeri 2 Bawang SMK Karya Pemb

Kembali kehalaman sebelumnya