Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

SMK Prakarya Internasional


SMK Prakarya Internasional
Informasi
Didirikan2 November 1952 oleh J. Canny dan H. Sumarni
AkreditasiA
Jurusan atau peminatan
  • Teknik Kendaraan Ringan
  • Teknik Pemesinan,
  • Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik
  • Otomatisasi Tata Kelola
  • Perkantoran
  • Teknik Komputer dan Jaringan,
  • Teknik & Bisnis Sepeda Motor
  • Rekayasa Perangkat lunak
  • Multimedia
  • Hotel & Restoran
Alamat
LokasiJalan Inhofftank No. 46-146, Terusan Otista - Tegalega,, Bandung 40243, Jawa Barat, Indonesia
Tel./Faks.(022) 520 2834, (022) 580 8637
Situs webhttp://www.smk-pi.com/
Surelinfo@smk-pi.com
Lain-lain
LulusanIkatan Keluarga Alumni SMK PI [Sukses, Jaya dan Berbagi]
Moto

SMK Prakarya Internasional [SMK PI]

SMK Prakarya International [SMK PI] adalah salah satu sekolah menengah kejuruan berbasis aplikasi teknik terapan dan manajemen terkemuka yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pendirian dan pengembangan Sekolah ini telah dirintis dan dikembangkan melalui pendidikan kejuruan teknik sejak tanggal 2 November 1952. SMK PI saat ini telah memiliki 9 (sembilan) program studi keahlian, yaitu:

(1) Teknik Kendaraan Ringan, (2) Teknik Pemesinan, (3) Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, (4) Multimedia dan Desain Komunikasi Visual, (5) Teknik Komputer dan Jaringan, (6) Rekayasa Perangkat Lunak (7) Manajemen dan Bisnis Administrasi Perkantoran (8) Teknik Sepeda Motor (9) Hotel dan Restoran

Sejarah Pendirian

SMK Prakarya International [SMK PI], adalah salah satu SMK teknik swasta tertua di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Kampus yang terdiri dari 3[tiga] lokasi yang saling berdekatan, terletak di Jalan Imhoftank Tegalega [Terusan Otista] Bandung,

Sekolah ini, sebelumnya dirintis dan dikembanbangkan sebagai lembaga Pendidikan Kejuruan Teknik Prakarya International [1952-1975] dengan kantor di Jalan Martadinata No 225-227, Bandung, Jawa Barat.

Bapak J. Canny [1927-1998] adalah penggagas dan pendiri SMK PI, bekerja bersama mendiang Ibu H. Sumarni [1934-1980], mengembangkan sekolah pada tahap awal pembangunan fisik dan pengembangannya.

Bapak J. Canny yang pada awal tahun 1950 pernah bekerja di PSM [Pabrik Senjata & Mesiu] atau PT PINDAD saat ini, merupakan seorang montir mobil [akhli teknik otomotif] yang sangat fasih berbahas Belanda, adalah juga dikenal sebagai penulis lebih dari +/- 200 judul buku-buku teknik [dari praktik untuk praktik] antara lain dalam bidang teknik otomotif, teknik pemesinan dan teknik elektro.

Melalui idea dan gagasannya yang dilandasi semangat juang, serta memiliki visi jauh ke depan, maka pada tanggal 2 November 1952 di Bandung, dia mendirikan Lembaga Pendidikan Kejuruan Teknik Otomotif yang diberi nama DETROID, yang merupakan cikal bakal terbentuknya SMK Prakarya Internasional [SMK PI]. Nama ini karena terinspirasi dari perusahaan industri otomotif raksasa dunia Ford yang bermarkas di kota Detroid Amerika Serikat,

Pada tahun 1970, saat awal akan dibangunnya kampus-1 di Jalan Inhofftank, SMK PI mendapat technical assistance dari NOVIB Belanda, yaitu Dutch organization for internasional development cooperation.

Sejak berdiri, penyelenggaraan kegiatan SMK Prakarya Internasional [SMK PI] dilaksanakan dengan semangat keterbukaan yang berakar pada sikap hormat dengan cita-cita luhur yang dirumuskan dalam sesanti "Knowledge is power but character is more" yang berarti "Ilmu pengetahuan itu penting tetapi budi perkerti jauh lebih penting" yang disertai dengan motto “Hidup untuk belajar, dan belajar untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik” serta “ Teori tanpa praktik adalah lumpuh, dan praktik tanpa teori adalah buta”

SMK Prakarya Internasional [SMK PI] berpijak pada kehidupan nyata didunia industri yang menitik beratkan keunggulan siswanya dengan berbagai kemampuan, terutama kehandalan aplikasi tekonologi praktis dalam Praktik industri dan kemampuan akademik (hard skills) dengan tidak meninggalkan pengembangan karakter dan etika melalui kegiatan ekstra-kurikuler pengetahuan, teknologi dan seni sebagai insan putera-puteri Indonesia yang berakhlak mulia dan berbudi luhur (soft skills).

Berbekal pengalaman dan kerja keras selama enam dasawarsa [1952-2012], saat ini SMK Prakarya Internasional [SMK PI] dengan profesionalisame yang mempunyai reputasi manajemen pengelola pendidikan unggul, selalu melakukan revitalisasi dan modernisasi sarana dan prasaran pendukung diberbagai bidang sistem pembelajaran secara berkelanjutan.

Manajemen Pelayanan Pendidikan

SMK Prakarya Internasional [SMK PI] berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Teknologi Prakarya Internasional 1952 yang di asuh dan dibina secara profesional oleh para sarjana lulusan dari Polytechnic University of New York USA, Long Island University USA, Wagner Collage of New York USA, Latrobe University of Australia, Institut Teknologi Bandung [ITB], Institur Pertanian Bogor [IPB], Universitas Indonesia [UI], Universitas Padjadjaran [UNPAD], Universitas Katholik Parahyangan dan Universitas Pendidikan Bandung [UPI].

Sekolah ini adalah bagian dari suatu kegiatan sosial non-komersial yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Teknologi Prakarya Internasional 1952. Yayasan ini telah berperan dalam berbagai pelayanan kejuruan dan pendidikan untuk masyarakat luas. Kegiatan Yayasan untuk menjelenggarakan sekolah ini merupakan salah satu komitmennya dalam memberikan kontribusi yang lebih bermanfaat dalan turut mencerdaskan bagi generasi penerus bangsa Indonesia.

Yayasan Pendidikan Teknologi Prakarya Internasional 1952 mendapat bantuan konsultan profesional untuk memastikan bahwa semua operasional sekolah, baik manajemen sekolah, proses belajar dan pengajaran maupun kegiatan akademis selalu di audit agar memenuhi standar sesuai dengan tolok ukur UU Pendidikan Nasional. Hal ini menunjukkan kesungguh sungguhan untuk mewujudkan suatu pendidikan berkualitas tinggi kepada masyarakat.Konsultan profesional ini akan membantu Yayasan yang anggotanya terdiri dari tokoh-tokoh pendidikan, serta membimbing sekolah dalam usahanya menjadikan SMK Prakarya Internasional [SMK PI] menuju sekolah dengan taraf internasional

Bidang Keahlian

SMK Prakarya Internasional [SMK PI] mendapatkan nilai akreditasi “A” untuk semua ke 5 Program Studi Keahlian – Teknologi dan Rekayasa. Setiap Program Studi Keahlian di pimpin oleh tenaga-tenaga akademis profesional yang berpengalaman dengan praktik lapangan. Terdapat 7 (tujuh) bidang Program Studi Keahlian, yaitu:

1.Teknik Mesin (Kompetensi Keahlian – Teknik Pemesinan)
Teknik Mesin (Kompetensi Keahlian – Teknik Pemesinan) merupakan bidang kompetensi yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan perkakas industri, baik menggunakan mesin manual maupun Computerized Numerical Control (CNC). Adapun keahlian lulusan dari bidang keahlian ini adalah adalah Pengoperasian mesin-mesin perkakas manual (Bench Work, Turning, Milling, Grinding, Assembling, dsb), Pengoperasian mesin-mesin perkakas yang berbasis komputer Computerized Numerical Control (CNC), Penguasaan Pengukuran dan Metrologi dan Perancangan Mould & Dies.

Fasilitas Laboratorium: (a) Lab.Praktik Teknik Pemesinan [Praktik Kerja Bangku, Praktik Las, Praktik Mesin], (b) Lab Praktik komputer Computerized Numerical Control (CNC).

Prospek Profesi Lulusan: Secara umum, bidang kerja bagi lulusan Bidang Keahlian Teknik Permesinan antara lain adalah sebagai Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4), Tools Maker, Enginnering, Designer, Maintenance, PPC.

2.Teknik Otomotif (Kompetensi Keahlian – Teknik Kendaraan Ringan)
Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang Teknik Mekanik Otomotif yang dikombinasikan dengan pengetahuan dasar perbengkelan otomotif untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang servis dan perawatan. Keahlian lulusan dari bidang keahlian Teknik Otomotif adalah memiliki kompetensi di bidang otomotif yang meliputi antara lain adalah antara lain Engine, Power train, Chassis, Body dan Elektrikal serta pengetahuan dasar perbengkelan dan parts.

Fasilitas Laboratorium: (a) Lab. Engine, (b) Lab. Bensin Otomotif, (c) Lab. Chassis, (d) Lab. Kelistrikan Otomotif, (e) Lab. Diesel-EFI

Prospek Profesi Lulusan: Perbengkelan dan perawatan otomotif, Foreman, Sales Engineer, Surveyor, Part Koordinator dan dapat bekerja di industri manufaktur otomotif.

3.Teknik Elektronika (Kompetensi -Teknik Audio Video)
Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang Teknik Elektronika untuk memenuhi kebutuhan Siswa terampil di bidang penyolderan, menggunakan alat ukur dan komponennya, membaca komponen, membuat lay out dan etching, menangani trouble shooting radio, video dan TV, terampil menangani trouble shooting DVD, VCD dan monitor serta game komersial.

Fasilitas Laboratorium: (1) Lab. Praktik Audio, (2) Lab. Praktik Video

Prospek Profesi Lulusan: Lulusan dari bidang keahlian ini dapat bekerja di berbagai bidang industri antara lain perbengkelan radio dan televisi, industri manufaktur komponen, Industri manufaktur elektronika, Industri radio broadcasting dan televisi dan lainnya.

4.Teknik Ketenagalistrikan (Kompetensi – Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik)
Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang Teknik Ketenagalistrikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil dalam menggunakan dan memelihara (maintenance) alat-alat rumah tangga listrik, perencanaan instalasi listrik dan gambar kelistrikan, pemasangan instalasi rumah/bangunan, perencanaan dan pemasangan instalasi tenaga motor-motor listrik, melihat dan memperbaikai motor-motor listrik.

Fasilitas Laboratorium: Lab.Praktik Teknik ketenagalistrikan (a) Ruang praktik motor listrik, (b) Ruang praktik instalasi listrik dan PLC

Prospek Profesi Lulusan: Lulusan dari bidang keahlian ini dapat bekerja di berbagai bidang industri yang memanfaatkan teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik.

5.Teknik Komputer dan Informatika (Kompetensi – Teknik Komputer Jaringan)
Teknik Komputer dan Informatika (Kompetensi – Teknik Komputer Jaringan) membekali lulusannya dengan kemampuan bidang informatika yang mengacu pada perkembangan teknologi informasi. Titik berat bidang keahlian ini adalah proses pengembangan dan pengelolaan sistem informasi beserta teknologi informasinya. Beberapa mata pelajaran dalam kurikulum bidang keahlian Teknik Informatika menerapkan penggunaan teknologi informasi dari vendor ternama.

Fasilitas Laboratorium : (a) Lab. Praktik KKPI [Keterampilan Komputasi dan Pengenalan Informasi, (b) Lab. Komputasi ICT [Information, Communication, Technology], (c) Lab. IT dan Multimedia

Prospek Profesi Lulusan: Lulusan dari bidang keahlian ini dapat bekerja di berbagai bidang industri yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai junior Programmer dalam pengembangan sistem informasi dan pengelolaan teknologi informasi (sebagai Help desk, Data base Administrator, EDP Staff )

Keunggulan SMK Prakarya Internasional [SMK PI]

[1] Manajemen sistem pendidikan modern yang menguasai aplikasi teknologi praktis dalam Praktik industri, serta memiliki citra dan reputasi dengan “track-record” pengalaman selama enam-dasarwarsa [1952-2012] .

[2] Memiliki jejaring karier dan aksesibilitas penempatan pasar kerja sehingga lulusan berpeluang menciptakan pekerjaan dan atau mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan dan industri skala [besar, menengah dan kecil] di seluruh kota besar di Indonesia serta mancanegara.

[3] Memiliki sarana aplikasi teknologi dengan laboratorium Praktik yang lengkap, modern dan selalu “up-to-date” yang disesuaikan menurut standar kemajuan industri manufaktur dan dunia usaha Indonesia.

[4] Memberikan fokus minimal 70% pelatihan siswa ke aplikasi teknologi melalui Praktik “real-equipment” sejak kelas X s/d XII yang diberikan oleh para tenaga pengajar Praktik pelaku industri yang berpengalaman.

[5] Membangun proses belajar mengajar berbasis ICT (Information, Communication, Technology) yang memiliki kampus dengan free wi-fi internet bagi siswa-siswi.

[6] Menyediakan beasiswa pendidikan dan pemagangan industri bagi siswa-siswi terbaik berprestasi

[7] Membentuk siswa-siswa yang menitik beratkan keunggulan pengembangan karakter, disiplin dan etika yang berbudi luhur dalam menuju insan yang berakhlak mulia melalui ajaran Islam.

Pusat Laboratorium Praktik Aplikasi Teknologi Terpadu J. Canny

[1] Ruang Teori Belajar [Ruang gambar teknik]

[2] Lab.Praktik Audio

[3] Lab.Praktik Video

[4] Lab.Praktik Teknik ketenagalistrikan [Ruang praktik motor listrik, Ruang praktik instalasi listrik dan PLC]

[5] Lab.Praktik Teknik Pemesinan [Ruang Praktik Kerja Bangku, Ruang Praktik Las, Ruang Mesin CNC, Ruang Praktik Mesin]

[6] Lab.Praktik Teknik Otomotif [Ruang Praktik Chasis Otomotif, Ruang Praktik Motor Bensin Otomotif, Ruang Kelistrikan Otomotif, Ruang Praktik Diesel-EFI]

[7] Lab. Praktik KKPI [Keterampilan Komputasi dan Pengenalan Informasi

[8] Lab. Komputasi ICT [Information, Communication, Technology]

[9] Lab. IT dan Multimedia [Ruang Praktik Komputer Jaringan]

[10] Lab. CAD/CAM/CAE

[11] Lab. AdvanceInspection: Flexible Measuring Machine (Dalam Persiapan]

[12] Lab. Robotic (Dalam Persiapan)

Pusat Dokumentasi Informasi: H. Sumarni Memorial Library

Pusat Dokumentasi Informasi (Perpustakaan) SMK Prakarya Internasional [SMK PI] berfungsi sebagai pusat penyedia informasi yang bertugas mengumpulkan, mengolah dan menyebarluaskan informasi khususnya rujukan aplikasi teknologi terapan sebagai bentuk pendukungan terhadap proses pendidikan, pengajaran dan pembelajaran di SMK Prakarya Internasional [SMK PI].

Saat ini memiliki koleksi buku berjumlah +/- 200 judul dengan jumlah total eksemplar sebanyak 10.000 terdiri dari berbagai jenis antara lain buku aplikasi teknologi, jurnal nasional, majalah ilmiah dalam dan luar negeri, majalah popular, harian, news, warta, dll, baik yang dilanggan maupun yang diperoleh melalui sumbangan. Koleksi dalam bentuk CD-Rom/CD/DVD/VCD saat ini masih dalam tahap perencanaan yang akan di implementasi segera. Pusat Dokumentasi Informasi [Perspustakaan] akan menerapkan sistem layanan on-line serta proses pengembangan perpustakaan digital.

Pusat Laboratorium Bahasa [Indonesia dan Asing]

Laboratorium ini berfungsi untuk memfasilitasi siswa untuk dapat melakukan uji tingkat kemampuan bahasa, khususnya bahasa Inggris, dan melaksanakan pembelajaran yang memerlukan sarana dan fasilitas laboratorium.

Kurikulum SMK Prakarya Internasional [SMK PI]

Berlandaskan rujukan UU Sistem Pendidikan Nasional, kurikulum sistem pendidikan SMK Prakarya Internasional [SMK PI] mengikuti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan [KTSP] adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing masing satuan pendidikan yang disinergi dan integrasikan dengan aplikasi teknologi rujukan industri dan dunia usaha serta lembaga yang relevan, sehingga pendidikan pelatihan dan praktik di laboratorium dapat optimal sesuai dengan dinamika kemajuan dunia industri.

Pranala luar

Information related to "SMK Prakarya Internasional" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya