Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Ejen Ali The Movie: Misi Neo

Ejen Ali: The Movie
Poster resmi
SutradaraUsamah Zaid Yasin[1]
Ditulis olehUsamah Zaid Yasin
Shafiq Isa
Fuad Md Din
Berdasarkan
Ejen Ali oleh Usamah Zaid Yasin
PemeranIda Rahayu Yusoff
Nabilah Rais
Azman Zulkiply
Noorhayati Maslini Omar
Shafiq Isa
Salina Salmee Mohd Ali
Abu Shafian Abd Hamid
Ahmad Sufian Mazilan
Megat Zahrin Megat Hisham
Altimet
Penata musikAzri Yunus
Hakim Kamal
Perusahaan
produksi
DistributorPrimeworks Studios
Tanggal rilis
28 November 2019
Durasi97 menit
NegaraMalaysia
BahasaMelayu
AnggaranRM6.5 juta[2]
Pendapatan
kotor
RM30.8 juta

Ejen Ali: The Movie adalah film mata-mata Malaysia 2019. Film ini mengikuti misi Ali saat ini untuk menyelesaikan teknologi misterius yang mengancam kota Cyberaya, serta mempertaruhkan kesetiaannya kepada agensinya MATA.

Film ini adalah film pertama yang dirilis oleh WAU Animation berdasarkan serial animasi Ejen Ali. Film ini disutradarai oleh Usamah Zaid Yasin. Film ini ditayangkan di bioskop pada tanggal 28 November 2019 di Malaysia, Singapura dan Brunei.

Latar belakang

Ali adalah anak lelaki berusia 12 tahun yang telah menjadi agen rahasia di MATA, sebuah agen intelijen rahasia yang melindungi kota Cyberaya. Itu semua terjadi setelah Ali secara tidak sengaja mengaktifkan Infinity Retinal Intelligent System atau IRIS gadget. IRIS adalah perangkat pembuatan MUDAH yang memungkinkan penggunanya untuk lebih kuat dalam misi. Ali adalah satu-satunya yang dapat mengendalikan IRIS ini karena terkoordinasi dengan tubuhnya. Jadi Ali dilatih sebagai mata-mata. Bersama pamannya, Bakar dan agen muda lainnya, mereka berkolaborasi dalam misi BUMI.

Sinopsis

Ejen Ali menjadi lebih baik dengan misinya di MATA. Namun, konflik muncul ketika Ali mengetahui bahwa ia bukan lagi satu-satunya yang dapat mengendalikan IRIS. Sekarang MATA telah meningkatkan IRIS ke IRIS NEO yang akan menjadi perangkat dasar untuk semua agen. Ini membuat Ali mempertanyakan penggunaannya di MATA. Selama waktu ini, seorang individu bernama Niki mendekati Ali dan mengklaim dia tahu mengapa dia kehilangan ibunya. Sekarang, Ejen Ali perlu melakukan misi aksi dan mengungkap misteri yang mengancam kota Cyberaya, dan mempertaruhkan kesetiaannya kepada MATA sebelum terlambat. Bisakah dia berhasil?

Plot

Cerita dimulai dalam kilas balik 15 tahun yang lalu. Dua wanita muda, Aliya dan Niki menyelinap di area kargo terbatas dan mencuri jantung buatan. Setelah mendapatkan barang tersebut, mereka diintervensi oleh para pemimpin pilar. Mereka mencoba melarikan diri, tetapi terpojok. Aliya memaksa Niki melarikan diri dengan jantung buatan tersebut, sementara dia terus bertarung.

15 tahun kemudian, Dato' Othman, walikota Cyberaya, menaiki pesawat yang dibajak oleh empat penyusup lapis baja yang tidak diketahui. Dia memanggil bantuan dari M.A.T.A dan Ali tiba dengan timnya untuk menyelamatkan. Selama pertarungan, pemimpin mereka meledakkan bom dan merusak pesawat. Dato' Othman kemudian terjatuh dari pesawat, dan penyusup melarikan diri. Tim berjuang untuk menangani situasi; Ali mencoba mengkalibrasi pesawat tetapi gagal. Dua agen baru, Bobby (Inviso) dan Fit (Techno) tiba untuk memberi bantuan. Bobby menyelamatkan Dato'Othman dan Fit menstabilkan pesawat dengan mode Over-ride perangkat baru yang mencerminkan I.R.I.S, hal tersebut mengejutkan Ali. Ali diberi pengarahan oleh Dayang dan Ganz, tentang proyek rahasia baru I.R.I.S Neo, berdasarkan I.R.I.S ATLAS dan mode override; dan setiap agen bebas menggunakan prototipe baru, juga menceritakan sejarah I.R.I.S. Ali mulai meragukan I.R.I.S aslinya dan kebutuhannya di M.A.T.A, yang dijamin akan memberinya unit baru. Kabarnya, itu sedang diuji oleh Bobby dan Fit.

Kembali ke rumah pada malam hari, ia menemukan sebuah kotak ibunya, memiliki barang kenangan dan mainan. Dia juga menemukan kotak musik pengantar tidur yang tanpa sadar dia memutar kunci untuk mengungkapkan pen drive rahasia, dengan simbol aneh. Dia mencoba mengaksesnya, tetapi ditolak akses yang dia ragukan. Keesokan paginya, dia dipanggil oleh Bakar di restoran 24 jam Mamak Maju. Dia bergabung dengan Bakar dan Alicia dan Mereka diam-diam melakukan perjalanan bawah tanah ke Markas Besar M.A.T.A dengan bantuan penjaga restoran Rahul, Rajesh dan Razman ( yang sebenarnya adalah agen M.A.T.A, sekutu Jenderal Rama) yang mengalihkan perhatian pelanggan dengan tarian dan musik. Ali melapor ke ruang rapat dan terkejut dengan kehadiran Dato' Othman. Dato' dengan kesal mengungkapkan bahwa M.A.T.A didirikan olehnya ketika ia membangun kota Cyberaya dulu dan setiap agen "hanya melayani dia". Jenderal Rama menjelaskan tentang penyelidikan serangan sebelumnya di pesawat milik Dato'; bahan bakar utama yang pulih dari ledakan bom adalah Azurium dan armor serta senjata penyusup bukan dari Cyberaya. Rama memerintahkan untuk menyerang pertemuan Abang Bear yang akan melakukan kesepakatan senjata ilegal dari intel yang diterima dari mata-matanya, karena ia mencurigai persenjataan yang terlibat diselundupkan ke Bear oleh dealer.

Selama kesepakatan Abang Bear dan pelanggan, Bakar mencoba menangkap Abang Bear, tetapi dia diserang oleh para bawahan Abang Bear, dan Abang Bear melarikan diri dengan senjata itu. Ali mengejarnya, tetapi tiba-tiba tiga orang datang dan menyerang Abang Bear. Ketua dari kelompok itu, Niki, merebut senjata milik Abang Bear. Ali menyerang kelompok sebagai tanggapan, tetapi Niki memperpendek jarak dekat, dan melarikan diri dengan mopednya. Ali membuntutinya dari kota ke daerah kumuh. Dia tidak menyadari lokasi dan terus mencari, ketika tiba-tiba, dia melewati jalan buntu dia kehilangan kendali, hingga membuat ia jatuh dan pingsan.

Kemudian, Dia terbangun di sebuah gudang dalam keadaan terluka. Niki datang menemuinya, yang membawanya ke rumahnya setelah kecelakaan. Ali melihat simbol yang sama di anting-antingnya sama dengan pen drive. Dia bertanya tentang itu, dan menunjukkannya kepada Niki. Niki terkejut, dan menyimpulkan dia sebagai putra Aliya, yang dulunya "lebih dari seorang teman". Niki menceritakan pertama kali dia bertemu dengannya di kota; gadis kumuh yang lemah dibantu oleh Aliya yang baik hati, yang telah membantu orang-orang kumuh. Dia bekerja sama dengan Niki untuk melawan orang-orang yang berani di "Fringe", dan menjarah sumber daya untuk digunakan oleh daerah kumuh. Niki menjelaskan penggunaan Azureum dalam Kedokteran, Sanitasi, Kebersihan, penggunaan sehari-hari untuk orang-orang mereka. Ali terkejut bahwa situasinya tidak ditujukan kepada otoritas Cyberaya, dan bahwa mereka tidak mendengarkan dan peduli. Dia juga diberitahu tentang kekurangan Azureum untuk memenuhi kebutuhan. Ali bertemu dengan Alicia dan Bakar, dan diberitahu tentang penangkapan Bear.

Dalam konferensi dengan otoritas Cyberaya lainnya, Dato' membahas tentang kemajuan proyek baru kilang pintar dan menuntut pekerjaan selesai tepat waktu. Interogasi Bear mengungkapkan bahwa dealer tersebut adalah Vikram, petugas operasi di Beta Tower, yang bekerja sama dengan orang-orang penting dalam mengembangkan Cyberaya. Jenderal memberikan misi baru untuk secara diam-diam menyelidiki aktivitas ilegal di Menara Beta. Ali dan tim (bersama Bobby dan Fit), menyelinap ke dalam gedung dan menyelidiki. Selama prosedur, jalan rahasia ditemukan, yang membawa mereka ke gudang rahasia di lantai tersembunyi, tempat menimbun senjata dan sumber daya secara ilegal. Mereka mengumpulkan bukti; sementara Ali menemukan penyimpanan rahasia Azureum, dan mengumpulkan data untuk mengungkapkannya kepada Niki.

Kembali ke Fringe, Ali membocorkan detail mereka dan merencanakan serangan di malam hari. Mereka semua melanggar sistem keamanan; Vikram diberitahu dan menyudutkan mereka dengan keamanan. Mode Override I.R.I.S Ali membantu mereka melarikan diri. Di Fringe, dia bergabung dengan pesta komunitas, dan bertemu Mak Yah, yang memanggilnya 'avatar' Aliya dan membantu meremajakan orang. Dia menghabiskan waktu berbicara dengan Niki, menceritakan tentang perekrutannya sebagai agen, dan menjadi sampingan d karena ciptaan baru. Insiden penyusupan yang dilakukan oleh kelompok Niki menciptakan perhatian dan permintaan luas untuk tindakan tersebut. Dato' Othman menyerang para pemimpin pilar dan jenderal karena tidak ada tindakan terhadap mereka. Rama meragukan Vikram sebagai dalang serangan Dato, tetapi memberitahukannya kepada Dato', dia dengan marah menyangkalnya, dan mengancam untuk menggantikan mereka. Setelah pergi, dia memberi tahu intel baru tentang menemukan "sarang" Vikram yang menimbun gudang senjata ilegal, dan menunjuk penyelidikan ke tim. Ali mulai menyabotase misi: membersihkan "sarang" dengan Niki malam misi sebelumnya, menumpuk sumber daya dan tidak meninggalkan apa pun untuk agen keesokan paginya. M.A.T.A mulai melonjak dengan sabotase oleh "tidak diketahui".

Ini berlanjut, bahkan sampai bangunan terakhir dibersihkan, ketika Alicia mengamati jejak ban skuter Ali. Dia meragukan ketidakhadirannya dan alasan dari misi. Hari berikutnya di restoran, dia menelepon Ali dan mengungkapkan "pencuriannya" yang awalnya dia bantah, tetapi menyerah. Dia menuntut alasan, ketika Ali berusaha untuk tidak melayani sebagai agen untuk orang yang egois, dan meninggalkan tempat. Percakapan mereka diam-diam didengar oleh penjaga restoran dan Bobby.

Kembali ke rumah, dia dibuntuti oleh agen. Dia mencoba menjauh dari mereka dan memasuki toko kelontong di mana dia dikelilingi oleh agen yang menyamar, sementara Bakar bersama mereka meminta Ali untuk ikut dengannya. Dia enggan untuk bergabung, dan nyaris lolos dari tempat itu. Dia dihadapkan oleh Booby dan Fit yang mengejarnya sampai ke stasiun metro kota. Di sana ia mencoba untuk naik kereta api, tetapi dihentikan oleh Bobby. Sampai di kompleks perbelanjaan, mereka terlibat dalam huru-hara, di mana Ali menjatuhkannya dan melarikan diri, sementara Alicia dan Fit terus mengejarnya. Sementara Ali memanggil Niki untuk meminta bantuan, dia menyarankan dia untuk bersembunyi di Fringe dan dia akan menangani mereka. Fit akhirnya memblokirnya di pintu masuk Fringe dan secara fisik menyerangnya karena tiraninya dalam membantu 'penjahat'. Dia bahkan mencabut I.R.I.S Ali sebagai hasilnya, ketika Bakar dan Alicia tiba untuk menyelamatkan Ali.

Bakar mengintervensi terlibat dalam argumen panas, yang memberi Ali waktu untuk melarikan diri dari samping. Mengikutinya, mereka terjebak begitu mereka melewati pintu masuk. Niki datang dengan teman-temannya dan menjatuhkan mereka masing-masing. Ali menyaksikan secara brutal, dan bereaksi. Niki menolaknya, mengatakan bahwa dia seharusnya tidak kehilangan dirinya untuk beberapa orangnya. Ali menyadari ekstremitas Niki, dan kemudian menyerangnya , tetapi Niki berhasil melumpuhkannya dan membuat Ali pingsan.

Kemudian, mereka bangun di tempat tinggal Niki, semua ditawan oleh kabel derek. Dia menyadari penyusup yang sama yang menyerang Walikota dan Niki dalam bentuk lapis baja. Dia mengungkapkan telah mengonfigurasi I.R.I.S NEO, diambil dari Fit selama pertarungan, dan sekarang dia dapat mengakses fungsi keseluruhannya. Dia juga mengungkapkan telah mendapat pengetahuan tentang I.R.I.S, dari pen drive yang sama yang diberikan kepadanya oleh Ali: yaitu, perangkat asli yang dibuat oleh ibu Ali, Aliya. Niki menceritakan bahwa beberapa tahun yang lalu, pada saat didukung oleh pemimpin pilar M.A.T.A, Aliya ditawari untuk bekerja untuk M.A.T.A karena mereka melihat potensinya, dan Niki merasa dikhianati sejak hari itu, dan mulai membantu komunitasnya sendiri. Setelah beberapa tahun, saat menyelinap ke fasilitas pertahanan rahasia Cyberaya dengan sidekicks dan mencuri sumber daya, dia mengaktifkan tiga rudal untuk menghantam kota, ketika kembali dihadapkan oleh M.A.T.A. Dia akan berhasil, jika bukan karena Aliya, yang mencoba menghentikannya. Meskipun Niki menyelinap pergi, dia menyaksikan kematian Aliya, ketika Aliya melakukan override I.R.I.S untuk pertama kalinya dan membenturkan rudal di udara, menggunakan energi penuhnya. Niki menyebut pengorbanannya "tidak berguna" untuk Cyberaya, jika hanya menjadi egois karena walikota.

Sementara itu di daerah kumuh, Vikram tiba dengan premannya, setelah mengetahui Niki sebagai penyusup, dan menuntut kehadirannya untuk membalas dendam, ketika dia muncul, dan dengan mudah mengalahkan semua bawahannya menggunakan I.R.I.S Neo. Saat disandera, Ali dikonsolidasikan oleh Bakar dan didorong oleh Alicia untuk menggunakan "I.R.I.S" untuk melarikan diri, tetapi dia sudah berkecil hati karena kepercayaan butanya pada Niki dan kurang percaya diri untuk menghentikannya. Dia didekati oleh Mak Yah karena kebaikannya ke daerah kumuh, dan mengembalikannya I.R.I.S, mengatakan kepadanya untuk tidak menghilangkan identitas aslinya dan melakukan tugasnya.

Saat pidato Dato' pada peresmian kilang yang baru dibuat, Niki datang dan mengamuk di tempat itu dan mulai menyerangnya, tetapi dihadang oleh Ali dan timnya. Para agen M.A.T.A (memakai perangkat baru) dan kemudian Jenderal Rama dengan teman-temannya tiba untuk memberikan bantuan untuk menghentikan Niki, Niki kemudian melakukan override dengan I.R.I.S. Neo-nya dan membuat semua orang yang memakai I.R.I.S Neo mulai mengikuti perintahnya. Para agen yang berada dibawah kendali Niki kemudian menyerang tim Ali , Jenderal Rama dan geng Mamak Maju (Rajesh , Razman dan Rahul), Ali kemudian diserang oleh semua agen mengakibatkan I.R.I.S-nya berubah menjadi override juga. Dia mencoba yang terbaik untuk mengalahkan Niki, tetapi dilemahkan oleh Ganz dan Dayang yang dikendalikan pikiran, dan kemudian ditendang dengan kuat oleh Niki, mengakibatkan dia jatuh ke tanah dan pingsan.

Ali kemudian membuka matanya menemukan dirinya di tempat yang tidak diketahui. Dia kemudian mendengar orang memanggil namanya dan ketika dia menoleh ke belakang ia terkejut ternyata orang yang memanggilnya adalah ibunya. Ibunya , Aliya kemudian mengungkapkan tempat itu sebagai Dimensi I.R.I.S, Aliya juga menjelaskan bahwa selama ini, mereka yang melakukan override, perangkat akan bekerja untuk mengakses data milik Aliya yang sebelumnya disinkronkan secara fisik dengannya, tanpa meninggalkan apa pun dalam ingatan setelah tindakan. Ali kecewa dengan penemuan baru tersebut, namun Aliya memberitahu bahwa yang terbaik tidak pernah datang dari perangkatnya, tetapi dari pengguna dan tekadnya. Dia juga mengungkapkan bahwa data yang disimpannya akan dihapus jika Ali mencoba mengakses mode override. Dia menyangkal, tetapi didorong untuk menjadi kuat. Sekarang, Ali bangkit dengan mode override dalam kendalinya, dan mengalahkan Niki dan akhirnya menghancurkan senjatanya. Dia mengatakan padanya untuk menyerah, tetapi Niki menyangkal, dan memulai upaya bunuh diri untuk meledakkan Azureum dalam setelannya untuk membunuh semua orang. Esensi Aliya akan ditransfer ke I.R.I.S Niki, di mana dia terjebak dalam Dimensi, di mana Aliya menonaktifkan dan memisahkan I.R.I.S darinya. Keduanya jatuh tanpa sadar, dengan Niki menyesali kekasaran dan kehancurannya.

Setelah beberapa hari, Ganz melaporkan pemulihan walikota dari cedera di ruang rapat; dia menegur Ali atas dukungan bawah tanahnya kepada para penjahat, tetapi dihentikan oleh Dayang. Dia memuji Ali atas tugasnya, tetapi juga dengan kecewa menyatakan Ali memiliki hukuman, dan dia secara resmi dinyatakan terpisah dari I.R.I.S aslinya; proyek Neo dibubarkan dari kelemahan utama yang ditemukan. Ali rela setuju, dan bersumpah untuk melakukan yang terbaik di M.A.T.A dan menjadi agen super. Dayang menasihati Bakar, dan dia menunjukkan kepada Ali tentang kenangan ibunya dan pengabdiannya di M.A.T.A. Dalam video terakhir, Bakar meminta alasan kepada Aliya untuk menjadi agen, dan dia menjawab bahwa ada orang untuk membantu, tetapi semuanya tersebar; M.A.T.A membutuhkan itu agar orang bisa lebih dekat, saling mengenal, dan melayani orang lain tanpa pamrih. Keesokan harinya, Ali, ayahnya dan temannya mengunjungi Fringe. Dr Ghazali mengumumkan Proyek Pengembangan Periferal untuk Fringe, yang menjanjikan masa depan yang lebih baik dan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat perkotaan dan pedesaan. Sore harinya, Ali diperlihatkan mengadakan pesta kumpul-kumpul di Mamak Maju, bersama timnya, ditemani Jendral, teman-temannya, dan Bobby dan Fit.

Mid-credit scene: Dayang ditampilkan untuk menetapkan nama Ali ke superdroid, dijuluki untuk Proyek baru "Satria".
Post-credit scene: Setelah Ali meninggalkan restoran, Rizwan dan Dos terlihat selalu hadir di sana, dan kemudian mengikutinya.

Pengisi Suara

  • Ida Rahayu Yusoff sebagai Ali & Comot
  • Nabilah Rais sebagai Niki
  • Noorhayati Maslini Omar sebagai Alicia
  • Shafiq Isa sebagai Bakar
  • Azman Zulkiply sebagai General Rama
  • Salina Salmee Mohd Ali sebagai Aliya
  • Abu Shafian Abd Hamid sebagai Dato' Othman
  • Ahmad Sufian Mazilan sebagai Bobby
  • Megat Zahrin Megat Hisham sebagai Fit
  • Azuan Wanji sebagai Vikram
  • Altimet sebagai Andik
  • Amir Bamer sebagai Surya
  • Fadhli Shafian sebagai Abang Bear

Penerbitan

Film ini menelan biaya RM6,5 juta atau sekitar Rp2.215.600.775 termasuk biaya promosi. Tim pembuatan film terdiri dari 80 animator lokal dan seniman grafis. Produksi film ini menggunakan teknologi digital berkualitas tinggi.

Musik

Skor musik

Skor musik diproduksi oleh Azri Yunus, ketua komposer, dibantu oleh asisten komposer, Hakim Kamal. Azri Yunus mengatakan perbedaan dalam skor musikal dalam seri dengan film ini adalah bahwa mereka ingin lebih mengutamakan nilai eklektik dengan memasukkan lebih banyak perasaan emosional untuk membuat penonton di bioskop merasa terhubung dengan film tersebut. [5]

Lagu tema

"Bukalah Matamu" adalah single pertama dari album resmi Ejen Ali: The Movie, dirilis di YouTube dan semua platform streaming pada 20 September 2019. [6] Lagu ini memberikan pesan kepada mereka yang memiliki segalanya untuk membuka mata dan memperbaiki diri. Dalam film tersebut, lirik lagu ini sepertinya diarahkan ke Dato 'Othman, kota kelahiran Cyberaya.

"Kita Jaga Kita" adalah single kedua dari album soundtrack resmi. [7] Awalnya, mereka mendekati Altimet hanya untuk suara. Tetapi ketika mereka mencoba peruntungan dengan meminta Altimet membuat lagu, dia setuju untuk melakukannya. Lirik untuk lagu ini berasal dari perspektif Cyber-people.

Penerbitan

Wau Animation mengumumkan proyek film ketika mereka merilis trailer teaser pertama untuk film pada 7 Agustus 2018. [8] Trailer teaser kedua diunggah pada 29 Maret 2019. [9] Trailer resmi pertama dirilis pada 1 Agustus 2019 sedangkan trailer resmi kedua dirilis pada 9 Oktober 2019.

Pada tanggal 2 Oktober 2019, WAU Animation telah secara resmi merilis poster bioskop resmi untuk film tersebut, yang juga mengungkapkan tanggal rilis resmi untuk bioskop Malaysia. Ini mengudara di 146 bioskop di Malaysia, 8 di Singapura dan 7 di Brunei. Ada juga kesempatan untuk tampil di 50 negara tetapi Ahmad Izham Omar, CEO Primeworks Studios, mengatakan masih dalam diskusi.

Referensi

  1. ^ 'Ejen Ali The Movie' in the works. New Straits Times. Diterbitkan pada 23 September 2017.
  2. ^ Altimet terbit lagu tema Ejen Ali The Movie" Berita Harian. 24 March 2019. Retrieved on 24 July 2019.

Pranala luar

Baca informasi lainnya yang berhubungan dengan : Ejen Ali The Movie: Misi Neo

Ejen Ali Ejen Ali The Movie: Misi Neo Daftar episode Ejen Ali

Kembali kehalaman sebelumnya