Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page
imag Cara-Membuat-Latar-Belakang-Skripsi-Yang-Baik-dan-Benar

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa untuk lulus dari perguruan tinggi. Saat mengerjakan skripsi, mahasiswa harus mengetahui bagaimana membuat latar belakang, tujuan, manfaat, teori, metode penelitian, hasil, dan penutup. Bagian-bagian tersebut mendukung penyusunan skripsi yang baik dan benar. Latar belakang pembuatan skripsi juga perlu mempertimbangkan teori, konsep, istilah dan gagasan dari skripsi itu sendiri. Secara umum, latar belakang merupakan bagian pertama dari skripsi. Cara Penulisan Skripsi Latar belakang tentunya harus berhubungan dari masing-masing disiplin ilmu yang dipelajari.

Mengetahui latar belakang tesis


Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah tersebut diangkat dalam skripsi. Di bagian bawah, disertakan argumen mengapa suatu topik dipilih. Latar belakang mengungkapkan bukti, data, konsep dan hubungan antar variabel yang terkait dengan topik.

Panjang dan detail latar belakang juga bergantung pada seberapa banyak Anda perlu menunjukkan pemahaman Anda tentang topik tersebut. Latar belakang akan memberikan konteks kepada pembaca tentang informasi yang dibahas dalam tesis. Ini mungkin termasuk studi yang relevan dan penting.

Latar belakang tesis adalah salah satu aspek kunci yang Anda butuhkan saat menulis tesis. Inilah kunci untuk mengenalkan pembaca pada topik skripsi yang diangkat. Latar belakang penelitian digunakan untuk menunjukkan bahwa pertanyaan tesis relevan dan juga untuk mengembangkan tesis.

Ada beberapa cara agar siswa dapat membuat latar belakang. Cara membuat background yang baik dan benar dijelaskan dibawah ini :

1. Jelaskan topik penelitian


Langkah pertama yang dapat dilakukan saat menulis latar belakang adalah mendeskripsikan topik penelitian. Jelaskan secara detail apa topik penelitian yang dipilih. Dari sekian banyak topik yang tersedia, siswa harus dapat menjelaskan mengapa mereka memilih topik tersebut. Apa alasan kuat mengapa siswa akhirnya memutuskan untuk memilih objek penelitian dari topik yang ada?

Penjelasan topik dapat dimulai dengan menuliskan mengapa variabel tersebut dipilih. Misalnya, siswa memilih variabel perilaku konsumen terhadap kepuasan. Siswa harus dapat menjelaskan secara berurutan, apa yang menjadi minat yang menyebabkan mereka memilih variabel tersebut.

Selanjutnya, mengenai obyek penyelidikan. Misalkan objek yang dipilih adalah konsumen sepatu olahraga. Uraikan dengan jelas mengapa objek tersebut layak dipilih dan menarik untuk diteliti.

2. Fenomena untuk Ditemukan


Cara membuat background harus berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Fenomena tersebut akan dijadikan sebagai akar penyebab yang dibahas di latar belakang. Seorang siswa perlu mengandalkan kepekaan untuk menemukan fenomena.

Singkatnya, fenomena adalah sesuatu yang terjadi di lingkungan. Apapun fenomena yang terjadi, dapat ditetapkan sebagai tema atau inti skripsi. Berhasil tidaknya seseorang dalam menemukan suatu fenomena akan tergantung dari banyaknya informasi yang diperolehnya, oleh karena itu pemahaman yang luas terhadap lingkungan sekitar atau hal-hal yang sedang hangat dibicarakan dapat menjadi titik tolak untuk menemukan fenomena.

3. Identifikasi masalah


Setelah menjelaskan topik penelitian, mahasiswa harus mengidentifikasi masalah apa yang ada dalam topik penelitian yang dipilih. Jangan memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dapat dikatakan sebuah mobil sedan yang bermasalah ketika terjadi sesuatu yang tidak biasa, misalnya ketika terjadi penurunan penjualan sepatu kets pada perusahaan X.

Jika siswa dapat mengidentifikasi masalah, maka akan lebih mudah untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil dalam penyelidikan. Mengidentifikasi masalah juga berarti siswa sudah memiliki kemampuan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan objek yang akan dipelajari. Semakin cepat mahasiswa mengetahui permasalahan yang sedang terjadi, semakin cepat pula penyusunan skripsi.

4. Fokus pada satu masalah


Terkadang mahasiswa belum memahami bahwa saat menyusun skripsi hanya perlu fokus pada satu masalah. Masalah ini harus dipikirkan bagaimana cara mengatasinya. Masalah ini juga harus diperbaiki dengan baik agar tata letak latar belakang dapat dilakukan dengan mudah.

Batasi masalah dimana siswa akan menemukan solusinya. Tidak perlu mencari masalah lain meskipun siswa merasa tertarik. Mahasiswa hanya perlu menyelesaikan masalah yang mereka pilih untuk dipecahkan, karena dalam skripsi yang terpenting adalah memecahkan masalah.

Jika siswa telah berkonsentrasi pada suatu masalah, pemecahan masalah akan efektif nantinya. Setiap mahasiswa pasti menginginkan penyusunan skripsi yang cepat, oleh karena itu fokus pada suatu masalah dalam penelitian perlu mendapat perhatian khusus.

5. Kumpulkan penelitian


skripsi yang dielaborasi harus didukung oleh penyelidikan sebelumnya. Penelitian sebelumnya harus berada dalam konteks yang terstruktur. Penelitian sebelumnya ditulis berdasarkan jurnal dan artikel terpercaya. Jika seorang siswa rajin membaca majalah yang berkaitan dengan topik yang dipilih, akan lebih mudah untuk menulis latar belakangnya.

Dengan rajin membaca jurnal di atas, ide akan lebih mudah didapat. Siswa juga dapat membaca jurnal sebagai referensi gaya penulisan, sehingga memudahkan dalam mengisi latar belakang yang baik dan benar. Selain itu, dengan membaca penelitian sebelumnya, Anda akan memperkaya kosa kata dan pemahaman Anda tentang topik dan objek yang dipilih untuk penelitian.

6. Carilah dukungan berbasis teori dari para ahli


Saat menulis skripsi, seorang mahasiswa tidak bisa leluasa menulis tentang isi skripsi, termasuk latar belakangnya. Siswa harus menyertakan teori ahli sebagai pendukung untuk setiap kalimat tertulis. Teori penulisan dapat didasarkan pada sumber buku teks yang kredibel.

Latar belakang memuat banyak pendapat ahli teori, dapat dipercaya bahwa makalah ini tidak dibuat-buat. Latar belakang akan menjadi gerbang utama bagi dosen yang akan menilai skripsi, untuk menentukan bagus atau tidaknya skripsi.


60

Tags: stasiun prabumulih wali kota tual arman kalean jadwal ka airlangga pencetak gol terbanyak piala dunia 2018 sma negeri 1 jatibarang suci sinetron ikhsan modjo mall phinisi point museum trisakti princess girlband ramalan jayabaya tentang ratu adil stkip cokroaminoto pinrang universitas muhammadiyah sidoarjo ahmad basshofi habieb biodata ferdy sambo biodata sambo dihidrogen jatinangor itb kadipaten pakualaman kecamatan jebres perbatasan korea utara dan rusia putri indonesia 2015 smkn 3 banjarbaru universitas batanghari jambi dosen filsafat ui fatin rohmah nur wahidah go go squid grendeng jurusan itera logo sman 9 cirebon nafsiah mboi raesita supit speedy express 43 menu team spanyol tegowanu grobogan univ pakuan universitas dharmawangsa universitas sahid surakarta


vitri cahyaningsih batalyon kavaleri 8 cilendek timur erwin indrawan institut seni indonesia yogyakarta jurusan di untidar perang chechnya ii persikotas tasikmalaya pesawat bouraq pulau maginti siantan hulu sman ambulu studio rcti terminal bus baranangsiang bogor terminal sragen uigm palembang universitas unmul samarinda wali kota bekasi asep iriawan durian emas jember etnis vietnam fermanto kalimanah kecamatan tinanggea lily istiarti logo sman 1 blitar mantel atas praya timur prilly latuconsina riau airlines smpn 2 semarang www indomilk com banjar agung tulang bawang bupati aceh singkil heru budi hartono program yang ditayangkan indosiar psikologi universitas negeri malang pt bekasi fajar industrial estate tbk rawamerta sebanga duri riau


tumbang marikoi adik lyodra agama mangkunegara x akademi pariwisata tridaya armeini cihampelas cililin darussalam martapura institut seni budaya indonesia bandung kecamatan kroya kecamatan paal dua matahari department store terdekat mitra kukar ratu victoria inggris talang ubi wakil bupati merangin walikota tegal dari masa ke masa amin nazari cipedak jagakarsa mawasangka simangambat terminal kalideres terminal muntilan terminal seloaji ulang tahun rcti ultraman decker universitas muhammadiyah kupang batik iwan tirta brandon salim butuh purworejo halte trans banyumas jalan baleendah keluarga rano karno lativi 2007 logo sman 5 denpasar peguyangan kaja prof. dr. i gde pantja astawa raja perlis stasiun kesamben stasiun sidareja tiberias gereja tijani belaid ade saputra adinda cresheilla al hasbi asuransi salim group grha sabha pramana klub griezmann lambang negara palestina linda efler pesawat supersonik piala dunia 1994 final robby rob sma negeri 1 banyumas sma purworejo sma ursulin tol lingkar luar walikota kediri bunut baok bupati ciamis cilamaya wetan jembatan kartanegara karahayon kayu putih jakarta kenny auztin nama stasiun jember pejeng kawan pelabuhan kalianget stan im sungai apit tondasi vega antares bupati bolaang mongondow cisaranten wetan kabupaten banyuasin sumatera selatan orang tua bcl pagedangan serpong pinto anugrah tambaksari ciamis terminal klari karawang teuku rezasyah ulak karang utara yonif 116 yoon ah aldo tansani dukcapil serdang bedagai east mall grand indonesia kayu aro barat kecamatan jakarta pusat kementerian luar negeri republik indonesia kertek wonosobo liga 1 tiongkok ongkara bali politeknik kesehatan kementerian kesehatan pt viar riswan lauhin saham bogasari sandy syarif stadion as roma suku di sekitar kota sorong teknik radiografi thorax aris widodo citeureup cimahi emil abeng fareza jembatan suroboyo kantor syahbandar samarinda khmer merah liang anggang panyabungan timur perseba purwokerto selatan smp negeri 1 semarang sony mobile indonesia teknorat the korea herald wanasaba alfriyanto nico aquarista ari fahrial syam gebong gedangan sidoarjo gubernur jenderal australia luas kampus itb pidoli lombang puskesmas kluwut rizky amelia sembrani executive shelomita superindo jakarta tiosulfat ukraina negara apa yong jun hyung yonhap zahra shihab bantarkalong bareh solok bugul kidul pasuruan cgv dwi jatmiko gunung sorik marapi jabatan puan maharani korea herald mompang sartje shenina cinnamon sumuradem timur teuku nyak arif bintan mall tanjungpinang bupati halmahera tengah eksekutif kereta jalan cideng kereta eksekutif sembrani kinal murbaya negara dengan populasi terbanyak pakubuwana 1 partai kedaulatan bangsa indonesia baru peringkat fifa futsal indonesia presenter mnc tv rokok bentoel stadion segiri stsi bandung sukabumi provinsi apa timbul raharjo yohanes 5 ayat 1-9 antapani bandung banjarharjo bendera monako desa ciwaruga edi suharto geluran jalan selat sunda korea selatan presiden livana pasar dolok sanggul pasukan berani mati pertamina gas negara politeknik negeri jakarta ui puspahiang tasikmalaya sanggraloka sma negeri 6 yogyakarta trem di jakarta jumlah dapil di kabupaten kediri ngaliyan jhanghiz syahrivar kompas tv standupcomedy kayong utara fransiska novita eleanora stand up comedy kompas tv season 1 kabupaten kayong utara kompas tv stand up comedy abdul amin amuntai selatan pt industri kapal indonesia raden roro freyanashifa jayawardana alex barus avrist asset management api banyuwangi luas kota bondowoso nama ketua mpr aga natalis

imag Apa-itu-Program-Perkuliahan-Jalur-RPL-Rekognisi-Pembelajaran-Lampau-Recognition-of-Past-Learning
Apa itu Program Perkuliahan Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau / Recognition of Past Learning)?

RPL adalah pengakuan atas Hasil Belajar yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau p…

imag Karna-Hal-ini-Husen-Membunuh-dan-Mutilasi-Pengusaaha-Galon-Isi-Ulang-Irwan-Hutagalung-di-Jalan-Mulawarman-Raya-Tembalang-Kota-Semarang
Karna Hal ini Husen Membunuh dan Mutilasi Pengusaaha Galon Isi Ulang Irwan Hutagalung di Jalan Mulawarman Raya Tembalang, Kota Semarang

Nasib Imam penjual angkringan di dekat lokasi pembunuhan dipertaruhkan. Ia bisa saja dijerat hukum karena lebih memilih …

imag Will-the-United-States-become-the-6th-country-in-the-world-that-defaults-on-debt-aka-bankruptcy-Default-
Will the United States become the 6th country in the world that defaults on debt, aka bankruptcy? Default ?

The United States (US) is faced with the threat of debt default of USD 31.45 trillion or equivalent to Rp. 462,000 trill…

imag WOW-Mark-Zuckerberg-Mendapat-Medali-Emas-pertamanya-di-Turnamen-Bela-Diri-Jiu-Jitsu
WOW Mark Zuckerberg Mendapat Medali Emas pertamanya di Turnamen Bela Diri Jiu Jitsu

CEO Meta dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memenangkan medali emas di turnamen jiu jitsu pertamanya. Selain medali e…

imag Begini-Cara-Translate-Inggris-Ke-Indonesia-Di-Word-Tanpa-Mengunakan-Google-Translate
Begini Cara Translate Inggris Ke Indonesia Di Word Tanpa Mengunakan Google Translate

Pengguna umumnya menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia menggunakan bantuan Google Translate …

imag Inilah-4-Langkah-Penting-Cara-Menentukan-Target-Pasar
Inilah 4 Langkah Penting Cara Menentukan Target Pasar

Menentukan strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Dimulai dengan mengetahu…

imag Tahukah-anda-kenapa-Madu-berubah-warna-sampai-Hitam-Berbahayakah-dikonsumsi
Tahukah anda kenapa Madu berubah warna sampai Hitam? Berbahayakah dikonsumsi?

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang paling tahan lama dan dapat bertahan lama jika disimpan dengan baik. Sangat…

imag Inilah-perbedaan-HTTP-dan-HTTPS-dan-Pengertiannya
Inilah perbedaan HTTP dan HTTPS dan Pengertiannya

Saat ini, hampir semua situs web disarankan untuk menggunakan protokol HTTPS. Nah, jika Anda ingin beralih ke HTTPS teta…

imag Serupa-Tapi-Tak-Sama-Tahukah-kamu-Inilah-Perbedaan-OLED-AMOLED-Super-AMOLED-Dynamic-AMOLED-dan-LTPO-AMOLED
Serupa Tapi Tak Sama, Tahukah kamu Inilah Perbedaan OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED

Jika ingin merasakan pengalaman visual layar yang lebih menyenangkan, sebaiknya pilih perangkat yang menawarkan panel OL…

imag Taukah-kamu-500-tentara-Jepang-Dimangsa-Buaya-di-Pulau-Ramree-selama-pendudukan
Taukah kamu 500 tentara Jepang Dimangsa Buaya di Pulau Ramree selama pendudukan?

Bagaimana rasanya lari terluka tapi berakhir di mulut buaya?Tragedi mengerikan terjadi sekitar 78 tahun yang lalu. Trage…

Kembali kehalaman sebelumnya