Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit kronis yang perlu dikontrol dengan baik. Selain rutin cek kesehatan dan minum obat penurun tekanan darah, Anda juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Namun, tidak semua sayuran bisa dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Sayuran yang Baik untuk Penderita Hipertensi

Bagi penderita darah tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain meresepkan obat penurun tekanan darah, dokter juga akan menganjurkan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan berhenti merokok, istirahat yang cukup, memperbanyak aktivitas fisik, serta makan makanan sehat seperti buah dan sayur.

The American Heart Association merekomendasikan diet DASH untuk penderita hipertensi. Diet ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Diet DASH didasarkan pada prinsip diet rendah lemak jenuh, kaya protein, vitamin, mineral, dan serat. Diet ini harus dilakukan sepanjang tahun sampai terbentuk kebiasaan makan yang baik. Beberapa prinsip diet DASH meliputi:

  1. Mengkonsumsi biji-bijian atau biji-bijian utuh (6-8 porsi per hari)
  2. Ganti nasi putih dengan nasi merah
  3. Pilih pasta dari gandum utuh
  4. Ganti roti tawar dengan roti gandum utuh tanpa menambahkan keju, cokelat, atau mentega
  5. Banyak sayuran dan buah-buahan


Untuk sayuran, berikut beberapa jenis sayuran yang dianjurkan untuk penderita hipertensi:

1. Ubi Jalar


Ubi jalar merupakan salah satu jenis sayuran yang dianjurkan bagi penderita hipertensi. Sayuran ini mengandung potasium, magnesium, dan mangan yang tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dengan meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah dan membantu mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui urin.


2. Bayam


Bayam adalah sayuran yang kaya akan lutein. Lutein mencegah penebalan dinding arteri sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah. Selain itu, bayam juga kaya akan potasium, folat, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga tekanan darah agar tetap terkendali.


Bayam juga merupakan bahan makanan rendah kalori. Anda bisa mengolahnya menjadi bayam, salad, menambahkan bayam ke sandwich dan lasagna, atau mencampurnya menjadi smoothies.

3. Kubis


Kubis termasuk sayuran yang kaya akan nitrat. Di dalam tubuh, nitrat bekerja sebagai vasodilator yang bekerja dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Selain mengandung nitrat, kol juga mengandung potasium yang dapat memenuhi 12% kebutuhan potasium per hari. Anda bisa menyiapkan kol dengan merebusnya di piring atau di salad sayuran.

4. Wortel


Wortel merupakan salah satu sayuran yang baik untuk penderita hipertensi. Kalium membantu mengendurkan ketegangan di pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi aliran darah dan menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Mekanisme ini dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis dan stroke. Anda bisa mengonsumsi wortel mentah-mentah seperti dalam salad, atau mengolahnya menjadi sup dan minuman jus.

5. Seledri

Seledri mengandung phytochemical yang disebut phthalides. Sebagai ekstrak, senyawa ini dapat membantu mengendurkan jaringan dinding arteri sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengkonsumsi seledri sebagai jus atau dalam masakan.

Sayuran yang Tidak Direkomendasikan untuk Penderita Hipertensi

Selain perlu memperbanyak sayuran yang baik untuk menurunkan tekanan darah, Anda juga perlu mewaspadai beberapa jenis sayuran yang tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi. Pada dasarnya sayuran yang tidak dianjurkan untuk penderita darah tinggi adalah sayuran yang diolah dengan cara tertentu. Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi, sebaiknya perhatikan cara mengolah sayuran untuk konsumsi sehari-hari.


Beberapa jenis sayuran yang tidak dianjurkan bagi pemilik darah tinggi antara lain:

1. Sayuran dengan tambahan garam yang tinggi

Garam merupakan salah satu makanan yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Garam akan meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan menyebabkan penurunan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air. Akibatnya, tekanan darah menjadi lebih tinggi karena adanya tekanan ekstra pada pembuluh darah yang menuju ke ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari sayuran dengan tambahan garam yang tinggi saat memasak. Meskipun sayuran ini memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, namun jika diolah dengan kandungan garam yang tinggi akan mengurangi manfaat dari sayuran tersebut.

2. Sayuran olahan untuk asinan dan asinan

Dalam proses pembuatan acar dan acar, Anda membutuhkan banyak air, garam, gula, dan cuka. Bahan-bahan tersebut merupakan jenis makanan yang tinggi sodium sehingga berisiko bagi penderita hipertensi.

3. Sayuran kalengan

Sayuran kaleng merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Meski lebih praktis dan siap pakai, sayuran kaleng mengandung sodium tinggi yang digunakan untuk mengawetkan sayuran. Beberapa jenis sayuran kalengan seperti kacang polong, jamur, wortel, jagung, buncis sebaiknya tidak dikonsumsi sama sekali oleh penderita darah tinggi.


---------------------------

High blood pressure or hypertension is a chronic disease that needs to be controlled properly. In addition to routine health checks and taking blood pressure-lowering medication, you can also help lower blood pressure by eating healthy foods. One of the recommended foods to help lower blood pressure. However, not all vegetables can be consumed for people with hypertension.

Good Vegetables for Hypertension Sufferers

For people with high blood pressure, there are several ways you can do to lower high blood pressure. In addition to prescribing blood pressure-lowering drugs, the doctor will also recommend changing your lifestyle to be healthier by stopping smoking, getting enough rest, increasing physical activity, and eating healthy foods such as fruits and vegetables.


The American Heart Association recommends the DASH diet for people with hypertension. This diet is believed to help lower blood pressure and cholesterol. The DASH diet is based on the principle of a diet low in saturated fat, rich in protein, vitamins, minerals and fiber. This diet should be followed throughout the year until good eating habits are formed. Some of the principles of the DASH diet include:


  1. Consume whole grains or seeds (6-8 servings per day)
  2. Replace white rice with brown rice
  3. Choose whole wheat pasta
  4. Replace white bread with whole wheat bread without adding cheese, chocolate or butter
  5. Lots of vegetables and fruits


For vegetables, here are some types of vegetables that are recommended for people with hypertension:

1. Sweet Potatoes

Sweet potato is a type of vegetable that is recommended for people with hypertension. These vegetables contain high potassium, magnesium and manganese which are good for maintaining heart health. Potassium is an important mineral that helps regulate blood pressure by easing tension in the walls of blood vessels and helps reduce excess salt levels in the body by excreting them in the urine.

2. Spinach

Spinach is a vegetable rich in lutein. Lutein prevents thickening of the artery walls thereby reducing the risk of heart attack and blood pressure. In addition, spinach is also rich in potassium, folate and magnesium which are needed to keep blood pressure under control.

Spinach is also a low-calorie food. You can process it into spinach, salads, add spinach to sandwiches and lasagna, or mix it into smoothies.

3. Cabbage

Cabbage includes vegetables that are rich in nitrates. In the body, nitrates work as a vasodilator by dilating blood vessels and increasing blood flow to the heart. Besides containing nitrates, cabbage also contains potassium which can meet 12% of potassium needs per day. You can prepare cabbage by poaching it in a plate or in a vegetable salad.

4. Carrots

Carrots are one of the good vegetables for people with hypertension. Potassium helps relax the tension in the blood vessels thereby increasing blood flow circulation and lowering high blood pressure levels. This mechanism can help reduce the risk of atherosclerosis and stroke. You can eat carrots raw as in salads, or process them into soups and juice drinks.

5. Celery

Celery contains phytochemicals called phthalides. As an extract, this compound can help relax artery wall tissue thereby increasing blood flow and lowering blood pressure. You can consume celery as juice or in cooking.

Vegetables that are not recommended for people with hypertension

Apart from needing to multiply vegetables that are good for lowering blood pressure, you also need to be aware of some types of vegetables that are not recommended for people with hypertension. Basically vegetables that are not recommended for people with high blood pressure are vegetables that are processed in a certain way. Therefore, if you have high blood pressure problems, you should pay attention to how to process vegetables for daily consumption.


Some types of vegetables that are not recommended for those with high blood pressure include:

1. Vegetables with high added salt

Salt is one of the foods that need to be avoided by people with hypertension. Salt will increase the amount of sodium in the bloodstream and cause a decrease in the kidneys' ability to excrete water. As a result, blood pressure becomes higher because of the extra pressure on the blood vessels leading to the kidneys.

Therefore, you should avoid vegetables with high added salt when cooking. Even though this vegetable has benefits in lowering high blood pressure, if it is processed with a high salt content it will reduce the benefits of these vegetables.

2. Processed vegetables for pickles and pickles

In the process of making pickles and pickles, you will need a lot of water, salt, sugar and vinegar. These ingredients are a type of food that is high in sodium so it is risky for people with hypertension.

3. Canned vegetables

Canned vegetables are foods that should be avoided by people with hypertension. Although more practical and ready to use, canned vegetables contain high sodium which is used to preserve vegetables. Several types of canned vegetables such as peas, mushrooms, carrots, corn, beans should not be consumed at all by people with high blood pressure.

Information related to Inilah Sayuran yang Baik untuk Hipertensi:

Lionel Messi Pemain Sepak Bola Terbaik 8 Kali Terima Trofi Ballon D'or

Daftar IsiPendahuluanPrestasi Lionel MessiKarir Pertama di BarcelonaPenerimaan Trofi Ballon d'OrTahun 2009KesimpulanPend…

Rudi Hartono: 8 Kali Juara All England dan Rekor Dunia

Daftar IsiPendahuluanRudi Hartono: Pemain Badminton TerbaikRekor Dunia Rudi HartonoKesimpulanPendahuluanRudi Hartono ada…

Doris Marie Sigar: Ibu Prabowo Subianto Blasteran Minahasa Jerman

Daftar IsiPendahuluan: Mengetahui Doris Marie Sigar, Ibu Prabowo Subianto2. Asal Usul Doris Marie Sigar: Minahasa Jerman…

Candi Asu Sengi Cagar Budaya yang Dilindungi Pemerintah Jawa Tengah

Daftar IsiPendahuluan: Mitos Candi Asu Sengi - Magelang Jawa Tengah2.1 Origine Aliran Kebudayaan Hindustani di Java2.2 S…

Julian Assange, Pendiri Situs Web WikiLeaks dan Ahli Programmer Komputer yang Dicari Amerika Serikat

Daftar Isi:PendahuluanJulian Assange, Seorang Ahli Programmer Komputer Sejak MudaPendiri Situs Web WikiLeaksWikiLeaks da…

Amerika Serikat: Pusat Pembuatan SUV Ladder Frame yang Kokoh dan Keselamatan

Daftar IsiPendahuluan: SUV Ladder Frame, Pengertian dan ManfaatAsal Usul SUV Ladder Frame: Amerika SerikatTeknologi Ladd…

Prabowo Subianto, Menang Dalam Hitungan Quik Count Capres 2024

Daftar IsiPendahuluan: Prabowo Subianto, Seorang Pemimpin Militer yang Menjadi Peminatan Pemilu 2024Sejarah dan Profil P…

Sultan HB X, Gubernur Yogyakarta Tanpa Pilkada

Daftar IsiPendahuluanLatar Belakang Sultan HB XProses Penunjukan Sultan HB X sebagai Gubernur YogyakartaTanggapan Masyar…

Sultan Ibrahim Ismail: Kepemimpinan dan Kontribusi Raja Malaysia yang Cukup Terpandang dan Dihormati

Daftar IsiPendahuluanLatar Belakang Sultan IbrahimKepemimpinan dan KontribusiPenghargaan dan PengakuanKesimpulanPendahul…

Tanjakan Krumput: Sejarah, Mitos Angker, dan Realitas yang Membangkitkan Keingintahuan

Daftar IsiPendahuluanSejarah Tanjakan KrumputAsal Usul Nama Tanjakan KrumputFakta dan Realita Tanjakan KrumputKeindahan …

Kembali kehalaman sebelumnya