Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Terkadang, saya menikmati buku secara perlahan.Saya mengambil buku itu, membaca beberapa halaman, lalu meletakkannya lagi.Saya menonjolkan ide dan kalimat yang menarik perhatian saya.

Kemudian, saya memperlakukan diri saya sendiri untuk membaca ulang sorotan tersebut.

Apa yang membuat tulisan layak dinikmati seperti itu?

Di sekolah, Anda mungkin belajar bahwa tulisan yang baik itu koheren, terfokus, dan benar.Tapi bukankah itu seperti menyarankan sepeda yang bagus memiliki dua roda, sadel, dan setang?

Saya baru-baru ini membaca The Dictionary of Obscure Sorrows oleh John Koenig. Buku ini berisi 272 halaman tetapi saya membutuhkan waktu hampir 7 minggu untuk membacanya. Bukan karena sulit atau membosankan. Tidak. Karena itu layak untuk dibaca pelan-pelan. Saya menyorot 82 potongan teks.

Jadi, apa yang saya pelajari tentang menulis yang baik?

1. Ini ditulis dengan hati-hati

Koenig membuat frase untuk perasaan yang tidak biasa dijelaskan. Misalnya, dia menggambarkan "kesalahan orang bodoh" sebagai berikut:

rasa malu yang Anda rasakan meskipun Anda tidak melakukan kesalahan apa pun—melewati mobil polisi saat di bawah batas kecepatan, digaruk setelah memesan minuman secara legal, atau keluar dari toko tanpa membeli apa pun.

Saya suka betapa tepatnya deskripsi itu. Hanya 35 kata. Namun banyak detail seperti yang kita pelajari:

  • Apa perasaan yang tidak jelas itu: Rasa malu meskipun Anda tidak melakukan kesalahan apa pun
  • Bagaimana perasaan memanifestasikan dirinya: Denyut nadi
  • 3 contoh jelas kapan perasaan itu muncul: melewati mobil polisi saat di bawah batas kecepatan, ditilang setelah memesan minuman secara legal, atau keluar dari toko tanpa membeli apa pun

Saya merasa bahwa Koenig dengan hati-hati memahat setiap kalimat . Setiap kata penting. Sangat menyenangkan untuk membaca.

2. Tulisan yang bagus itu kreatif

Kreativitas datang dalam berbagai bentuk. Sebuah permainan dengan kata-kata. Sebuah cerita dalam miniatur . Citra yang hidup Rasa ritme .

Koenig sering menggunakan metafora untuk membuat deskripsi perasaannya lebih bermakna dan menarik. Dia menggambarkan "nighthawk" sebagai berikut:

pikiran berulang yang tampaknya hanya menyerang Anda larut malam — tugas yang terlambat, rasa bersalah yang mengganggu, masa depan yang membayangi — yang terkadang berhasil Anda lupakan selama berminggu-minggu, hanya untuk merasakannya mendarat di bahu Anda sekali lagi, diam-diam membangun sarang.

Dan "liberosis:"

keinginan untuk tidak terlalu memedulikan hal-hal; untuk mencari cara untuk mengendurkan cengkeraman Anda pada hidup Anda dan memegangnya dengan longgar dan main-main, menjaganya tetap di udara seperti bola voli, dengan intervensi cepat dan cepat, memantul bebas di tangan teman tepercaya, selalu bermain.

Gambar-gambar yang dilukis Koenig — tentang bermain bola voli dan tentang pemikiran yang mengganggu membangun sarang di pundak kita — bersifat fungsional; mereka membantu kita memahami konsep yang dia jelaskan.

Penulis yang baik tidak ingin membuat pembaca terkesan dengan kreativitas dan sihir kata mereka. Mereka bertujuan untuk terlibat dan berkomunikasi dengan jelas.

Kreativitas melayani pembaca Anda.

3. Seorang penulis yang baik muncul dalam tulisan mereka

Ketika saya membaca sesuatu yang bagus, saya merasakan hubungan dengan penulisnya. Sepertinya saya sedikit mengenal mereka.

Deskripsi Koenig memberi saya gambaran tentang apa yang penting baginya. Misalnya, dia menjelaskan "suerza:"

perasaan takjub yang tenang bahwa Anda benar-benar ada; rasa syukur bahwa Anda bahkan dilahirkan di tempat pertama, bahwa Anda entah bagaimana muncul hidup dan bernafas terlepas dari segala rintangan, setelah memenangkan serangkaian lotere reproduksi yang tak terputus yang membentang kembali ke awal kehidupan itu sendiri.

Dia bahkan memiliki kata untuk rasa koneksi dengan penulis. Dia menyebutnya "moledro:"

perasaan terhubung dengan penulis atau seniman yang tidak akan pernah Anda temui, yang mungkin telah hidup berabad-abad yang lalu dan ribuan mil jauhnya tetapi masih bisa masuk ke dalam kepala Anda dan meninggalkan potongan pengalaman mereka, seperti tumpukan batu kecil yang ditinggalkan oleh pejalan kaki yang menandai jalur tersembunyi melalui wilayah asing.

Dalam 10+ tahun saya menulis secara teratur, saya telah belajar bahwa proses menulis saya dimulai jauh sebelum saya membuka dokumen Word baru. Itu bahkan dimulai sebelum saya mendapatkan ide dan memikirkannya saat berjalan-jalan. Menulis dimulai dengan apa yang saya perhatikan.

Apa yang kita berikan perhatian kita membentuk tulisan kita, dan begitulah kita tampil sebagai penulis. Jadi, izinkan diri Anda untuk menulis tentang apa yang penting bagi Anda, tentang apa yang menarik perhatian Anda.

Tulisan terbaik adalah pribadi.

Pada tulisan yang bagus

Sepeda yang baik adalah sepeda yang tahan lama. Perjalanannya mulus. Itu membuat bersepeda menyenangkan. Hal yang sama berlaku untuk tulisan yang bagus. Layak untuk dinikmati. Senang membaca. Percakapan yang bermanfaat antara penulis dan pembaca.

Lionel Messi Pemain Sepak Bola Terbaik 8 Kali Terima Trofi Ballon D'or

Daftar IsiPendahuluanPrestasi Lionel MessiKarir Pertama di BarcelonaPenerimaan Trofi Ballon d'OrTahun 2009KesimpulanPend…

Rudi Hartono: 8 Kali Juara All England dan Rekor Dunia

Daftar IsiPendahuluanRudi Hartono: Pemain Badminton TerbaikRekor Dunia Rudi HartonoKesimpulanPendahuluanRudi Hartono ada…

Doris Marie Sigar: Ibu Prabowo Subianto Blasteran Minahasa Jerman

Daftar IsiPendahuluan: Mengetahui Doris Marie Sigar, Ibu Prabowo Subianto2. Asal Usul Doris Marie Sigar: Minahasa Jerman…

Candi Asu Sengi Cagar Budaya yang Dilindungi Pemerintah Jawa Tengah

Daftar IsiPendahuluan: Mitos Candi Asu Sengi - Magelang Jawa Tengah2.1 Origine Aliran Kebudayaan Hindustani di Java2.2 S…

Julian Assange, Pendiri Situs Web WikiLeaks dan Ahli Programmer Komputer yang Dicari Amerika Serikat

Daftar Isi:PendahuluanJulian Assange, Seorang Ahli Programmer Komputer Sejak MudaPendiri Situs Web WikiLeaksWikiLeaks da…

Amerika Serikat: Pusat Pembuatan SUV Ladder Frame yang Kokoh dan Keselamatan

Daftar IsiPendahuluan: SUV Ladder Frame, Pengertian dan ManfaatAsal Usul SUV Ladder Frame: Amerika SerikatTeknologi Ladd…

Prabowo Subianto, Menang Dalam Hitungan Quik Count Capres 2024

Daftar IsiPendahuluan: Prabowo Subianto, Seorang Pemimpin Militer yang Menjadi Peminatan Pemilu 2024Sejarah dan Profil P…

Sultan HB X, Gubernur Yogyakarta Tanpa Pilkada

Daftar IsiPendahuluanLatar Belakang Sultan HB XProses Penunjukan Sultan HB X sebagai Gubernur YogyakartaTanggapan Masyar…

Sultan Ibrahim Ismail: Kepemimpinan dan Kontribusi Raja Malaysia yang Cukup Terpandang dan Dihormati

Daftar IsiPendahuluanLatar Belakang Sultan IbrahimKepemimpinan dan KontribusiPenghargaan dan PengakuanKesimpulanPendahul…

Tanjakan Krumput: Sejarah, Mitos Angker, dan Realitas yang Membangkitkan Keingintahuan

Daftar IsiPendahuluanSejarah Tanjakan KrumputAsal Usul Nama Tanjakan KrumputFakta dan Realita Tanjakan KrumputKeindahan …

Kembali kehalaman sebelumnya