Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
STF Driyarkara
MotoEx Philosophia Claritas (Latin)
Moto dalam bahasa Indonesia
Dari Filsafat Muncul Kejernihan
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan2 Februari 1969; 55 tahun lalu (1969-02-02)
Para PendiriPerkumpulan Aloysius
AfiliasiKeuskupan Agung Jakarta, Ordo Fratrum Minorum, Yesuit
KetuaSimon Petrus Lili Tjahjadi
KanselirKardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Pr.
Alamat
Jalan Cempaka Putih Indah 100A, Jembatan Serong, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat
, ,
10520
,
6°11′9.8″S 106°52′6.1″E / 6.186056°S 106.868361°E / -6.186056; 106.868361
Kampusurban
BahasaBahasa Indonesia
Situs webwww.driyarkara.ac.id

[1]

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STFD) adalah perguruan tinggi swasta di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Indonesia, dengan program tingkat sarjana hingga doktoral. Kampus ini terletak di dekat Jembatan Serong.

Nama sekolah ini merujuk pada sosok Prof. Dr. Nicolaus Driyarkara, S.J. (wafat awal 1967). Driyarkara adalah seorang filsuf yang pernah melayani sebagai guru besar filsafat di Universitas Indonesia dan IKIP Sanata Dharma. Ia adalah tokoh yang mengharapkan agar sebuah sekolah tinggi filsafat dapat berdiri di Jakarta.

Sejarah

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STFD) didirikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Driyarkara, 2 Februari 1969 . Sekolah ini berdiri melalui prakarsa tiga lembaga, yaitu tarekat Serikat Yesus, tarekat Fransiskan (OFM), dan Keuskupan Agung Jakarta. Kuliah perdana STFD diadakan dalam keadaan serba sederhana, di sebuah ruang tamu Susteran Ursulin di Jl. Gereja Theresia 2, Jakarta. Sejak tahun 1973, sekolah ini menempati kampus di Jalan Percetakan Negara, dekat Jembatan Serong Rawasari.

Sejak tahun 1984, institusi ini menawarkan pendidikan tingkat sarjana (S1) untuk Program Studi Ilmu Filsafat dan Program Studi Ilmu Teologi. Institusi ini menerima status disamakan tahun 1990. Kedua program studinya diakreditasi dengan nilai A oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) tahun 1998. Tahun 1996, lembaga ini membuka program pascasarjana, Program Studi Magister Ilmu Filsafat. Tahun 2000, program pascasarjana tersebut diakreditasi oleh BAN dengan peringkat Unggul. Tahun 2005, proses reakreditasi Program Studi Magister Ilmu Filsafat berhasil mendapat peringkat A. Tahun 2007, sekolah ini membuka Program Doktor Ilmu Filsafat, dengan SK Dirjen Dikti No. 4420/D/T/2006, 29 November 2006.

Program studi

Ilmu Filsafat

Program Studi Filsafat memperkenalkan pengertian dasar dan mendalam tentang masalah-masalah dan aliran-aliran utama filsafat, dengan perhatian pada masalah-masalah ilmu-ilmu manusia, sosial dan budaya dalam konteks Indonesia.

Ilmu Filsafat Keilahian

Berdasarkan Kurikulum Nasional Filsafat Keilahian yang dilengkapi dengan Kurikulum Lokal Filsafat dan Ilmu-ilmu lainnya, mahasiswa berkenalan secara mendalam dengan masalah-masalah aktual maupun dengan sejarah perkembangan teologi, ilmu filsafat dan ilmu-ilmu manusia yang terkait

Magister Ilmu Filsafat (S2)

Program Pendidikan Pasca Sarjana STF Driyarkara dengan Program Studi Magister Ilmu Filsafat dibentuk dengan SK Dirjen Dikti Depdikbud no. 489/DIKTI/KEP/1995 tanggal 29 November 1995. Perkuliahan pertama mulai tahun akademik 1996-1997. Sesuai dengan SK Depdiknas no. 025/BAN-PT/Ak-1/S2/IX/2000 tanggal 13 September 2000, Program Studi Magister Ilmu Filsafat STF Driyarkara telah terakreditasi dengan peringkat "UNGGUL". Sampai saat ini STF Driyarkara merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Magister Ilmu Filsafat. Re-akreditasi tertanggal 27 Desember 2005 dengan SK dari Badan Akreditasi (BAN-PT) no.: 013/BAN-PT/Ak-IV/S2XII/2005 memperoleh peringkat "A".

Doktor Ilmu Filsafat (S3)

Program Doktor ini dibentuk sesuai dengan SK Dirjen Dikti nomor: 4420/D/T/2006 tertanggal 29 November 2006. Perkuliahan perdana dimulai Semester Genap 2006-2007 tepatnya pada 13 Februari 2007 bertempat di kampus STF Driyarkara, Gedung Pascasarjana. Status Akreditasi Progam Studi Doktor Ilmu Filsafat memperoleh peringkat A dengan nilai 369; sesuai SK BAN-PT nomor 2582/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2016. Akreditasi ini berlaku 5 tahun, hingga 27 Oktober 2021.

Extension course

Filsafat

Extension Course Filsafat diselenggarakan sejak 1970 sebagai pengabdian pada masyarakat akademik di ibu kota Republik. EC Filsafat membuka kesempatan kepada publik akademik untuk mengenali pokok bahasan dalam filsafat kontemporer dengan irama yang fleksibel dan tanpa menuntut pengetahuan khusus di bidang Filsafat.

Teologi

Untuk Extension Course Teologi, dalam jangka waktu 7 semester tersedia kerangka tema sbb:

  • Pengantar Kitab Suci
  • Teologi Dasar
  • Moral Dasar
  • Gereja
  • Sakramen
  • Moral Hidup
  • Spiritual Pastoral

Selain itu, ditawarkan pula pendalaman tema-tema aktual, seperti Theologia Crucis, Menghidupi Spiritualitas Kristiani, Menyikapi Badai dalam Kehidupan Keluarga, Teologi Kerahiman Allah, dan lain sebagainya.

Pengajar dan Alumni

Pengajar

Alumni

Referensi

  1. ^ "Perkumpulan Aloysius – Jesuit Indonesia". Diakses tanggal 2023-11-07. 

Pranala luar

Baca informasi lainnya yang berhubungan dengan : Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta

Sekolah Sekolah Damai Bus sekolah Sekolah Dian Harapan Sekolah di Indonesia Sekolah Masjid Terminal Sekolah Menengah Atas Perpustakaan sekolah Sekolah menengah pertama Sekolah dasar Kepala sekolah Daftar sekolah di Sarawak Sekolah Charis Global Sekolah bertaraf internasional Koperasi sekolah Sekolah Guru Sekolah Pendeta HKBP Sekolah Minggu Sekolah Tionghoa Sekolah Indonesia Riyadh Sekolah Kristen IPEKA Sekolah virtual Sekolah menengah kejuruan Sekolah tinggi Sekolah Satu Bangsa Harmoni Batam Sekolah teknik menengah Sekolah Mondial Batam Distrik sekolah di County Clark Sekolah Charitas Jakarta …

Sekolah Tinggi Roy Miller Sekolah Atlet Ragunan Sekolah Djuwita Batam Sekolah Indonesia Jeddah Sekolah Marsudirini Bogor Sekolah Kristen Lentera Ambarawa Sekolah negeri Sekolah Menengah Sung Siew Sekolah alam Ada Hantu di Sekolah! Sekolah Menengah Farmasi Indonesia Yogyakarta Sekolah Stella Maris Sekolah rumah Sekolah Advent Batam Daftar sekolah di Kota Surakarta Manajemen sekolah Sekolah Terpadu Pahoa Sekolah Tinggi Keumjeong Sekolah Charitas Batam Sekolah Ananda Batam Sekolah Bunda Hati Kudus Sekolah Santo Yakobus Jakarta Sekolah Vianney Sekolah Ntare Zona selamat sekolah Sekolah Westminster Sekolah Standar Nasional Sekolah Alkitab Intheos Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Daftar sekolah di Papua Sekolah Menengah Ryulgok Pyongyang Sekolah Kristen Yusuf Sekolah Menengah Chungdam Sekolah Kebangsaan Kampung Titingan Kembali ke Sekolah Sekolah Menengah St. Michael Sekolah Marsudirini Bekasi Sekolah Pembangunan Jaya Psikologi sekolah Sekolah Pelangi Kasih Pesta Sekolah Sekolah Menengah Atas Apgujeong Usaha Kesehatan Sekolah Sumpah Pocong di Sekolah Jaringan Sekolah Alam Nusantara Sekolah Menengah Kebangsaan Titingan Sekolah Tarsisius Vireta Daftar sekolah menengah kejuruan di Ba

Kembali kehalaman sebelumnya