Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

SMA Negeri 1 Wanayasa


SMA Negeri 1 Wanayasa - Purwakarta - Jawa Barat
Logo SMAN 1 Wanayasa
Informasi
Didirikan16 Januari 1993
JenisSekolah Negeri
AkreditasiA
Nomor Statistik Sekolah30.1.02.200.4.013
Nomor Pokok Sekolah Nasional20217360
Kepala SekolahSUMIATI, S.Pd, M.Pd
NIP: 19630813 198902 2 002
Ketua KomiteUnang Darmawan, SE
Jumlah kelas31 kelas (Tahun 2022)

10 Rombel Kelas X 10 Rombel Kelas XI

11 Rombel Kelas XII
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA,X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum Merdeka (Kelas 10) dan Kurikulum 2013 (Kelas 11 dan 12
Jumlah siswa1083 siswa (35 siswa per kelas)
StatusNegeri - Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN)
NEM terendah25,95 (2012)
NEM tertinggi36,60 (2012)
Nilai masuk rata-rata31, 775 (2012)
Alamat
LokasiJalan Raya Wanasari- Wanayasa Km 20 Purwakarta, Jawa Barat,  Indonesia
Tel./Faks.(0264)2640701
Koordinat6°39'53"S 107°32'56"E
Situs web[1]
Surelinfo@sman1wanayasa.sch.id
Moto
MotoSMANWAYFAST is For a Better Life

SMA Negeri (SMAN) 1 Wanayasa, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang terletak di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Wanayasa ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Didirikan pada tahun 1993. Pada tahun 1985 SMAN 1 Wanayasa masih merupakan filial dari SMAN 1 Purwakarta dan menggunakan sekolah SMPN 1 Wanayasa pada mulanya. Setelah mempunyai gedung sendiri barulah pindah ke kampus baru yang berlokasi di Jalan Raya Wanasari-Wanayasa Km 20 Purwakarta. Dari jalan Raya utama hanya berjarak 200 meter. Kampus SMAN 1 Wanayasa terletak ditengah area persawahan, dan membuatnya memiliki iklim sejuk dan sangat mendukung untuk proses belajar mengajar yang tenang dan jauh dari kebisingan Di sekolah ini siswa diberikan keleluasaan untuk bisa mengembangkan kreativitas mereka. Sehingga banyak dari mereka yang mencurahkan kreativitasnya dalam ekstrakurikuler yang telah disediakan oleh sekolah. SMAN 1 Wanayasa banyak mempunyai prestasi, baik dalam pendidikan maupun Ekstarkulikuler, cabang ekskul yang menjadi andalan dan merupakan andalan bagi purwakarta di kabupaten Purwakarta adalah Paskibra, Gulat dan Sepak bola. Untuk ketiga ekskul ini boleh dikatakan SMAN 1 Wanayasa merupakan yang terbaik di Kabupaten Purwakarta SMAN 1 Wanayasa mempunyai motto yang selalu dibanggakan oleh siswa-siswanya. "For a Better Future" . Motto ini sangat cocok untuk SMAN 1 Wanayasa mengingat bahwa sebagian alumnus kebanyakan 85 % terjun ke dunia kerja. Apalagi SMAN 1 Wanayasa sudah menjalin kerjasama dunia kerja dengan beberapa perusahaan di Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Kerawang.

Tahun 2020 adalah masa pengembangan sekolah kedunia it..area hotspot dibuat dan menjangkau 31 kelas yang ada yang kelak nantinya bertujuan untuk pengelolaan administrasi sekolah berbasis ICT dan pembelajaran memadukan unsur ICT. Tak dapat dipungkiri bahwa pengembangan sekolah dengan menyiapkan infrastruktur jaringan adalah kunci mutlak untuk pengembangan sarana ke arah yang lebih baik sehingga diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam kehidupan masyarakat. Pada tahun 2020 dengan kepala sekolah Bapak Drs.Dedeng Ahmad Rahmani ,SMAN 1 Wanayasa mulai melangkah kedunia ICT dengan tujuan utama membuka wawasan peserta didik sehingga menjadi siswa yang melek IT dan tidak ketinggalan dengan siswa siswa di kota. Sisi negatif penggunaan HP menjadi konsen sekolah bagaimna untuk menjadikan HP menjadi alat belajar alat pembuka ke dunia luar. Ujian di SMAN 1 Wanayasa tidak akan berbasis kertas lagi tapi beralih ke ujian CBT (Computer Based Test)yang pelaksanaan jauh lebih simple ,akses pengolahan nilai dan evaluasi menjadi lebih terarah dan terukur. Hal ini diteruskan oleh Ibu Sumiati, S.Pd, M.Pd. Pembenahan Sarana kembali di teruskan dari kepemimpinan Bapak Ato, dilanjutkan Ibu Hj. Dra. Encah Komariah, M.M.Pd lalu Ibu Emma Sukmasih, M.Pd , lalu Almarhum Bapak Nunu. Dan dilanjutkan secara definitif oleh Ibu Sumiati, dan dengan kerja keras mampu merubah tampilan sekolah lebih modern dan stylish. Semoga semua Kepala Sekolah yang memimpin selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga SMAN 1 Wanayasa mampu melahirkan lulusan berkualitas dan memiliki dasar keimanan yang kuat.Aamiin aamiin

Sejarah SMAN 1 Wanayasa

SEJARAH SINGKAT SMA NEGERI 1 WANAYASA

SMA Negeri 1 Wanayasa didirikan pada tahun 1987. Pada  mulanya sekolah ini berstatus swadaya dan swadana, karena sekolah ini dibangun atas swadaya dan swadana masyarakat Wanayasa. Masyarakat Wanayasa pada saat itu merasa perlu didirikannya sebuah SMA, karena untuk menyekolahkan anak-anaknya ke SMAN 1 Purwakarta dirasa terlalu jauh. Pada saat itu beberapa tokoh masyarakat Wanayasa diantaranya Bapak H. Emang Sastradirja, Bapak Saanim, dan Bapak H. Muhamad Syafei. Ketiga tokoh sepakat untuk mendirikan SMA di Kecamatan Wanayasa.
Ada beberapa prasyarat pendukung yang ditetapkan pemerintah untuk dibangun sebuah SMA, yaitu di kecamatan tersebut minimal harus ada tiga SLTP. Pada masa itu di Kecamatan Wanayasa baru ada 2 SLTP yakni SMP Negeri 1 Wanayasa dan Madrasah Tsanawiyah YPMI Wanayasa. Maka untuk memenuhi prasyarat tersebut, para tokoh Wanayasa mendirikan SMP PGRI Wanayasa yang menempati lokasi SDN 1 Garokgek. Adapun syarat yang lainnya yaitu harus memiliki tanah sendiri dan bangunan sendiri.
Camat Wanayasa yang masa itu dijabat oleh Bapak Dudung dan Kades Wanasari Bapak Aeng menyarankan agar SMA Wanayasa menggunakan taah bengkok (tanah milik pemerintah Desa Wanasari).
Tahun 1987, atas kesadaran masyarakat Wanayasa, mulailah dibangun gedung sekolah yang menempati tanah bengkok tadi. Bangunan itu terdiri atas tujuh kelas. Masing-masing kelas /local dananya ditanggung oleh 2-3 desa yang ada di Kecamatan Wanayasa. Sementara pembangunan gedung sekolah berjalan, SMA Wanayasa mulai menerima pendaftaran siswa baru angkatan pertama tahun 1987/1988. Sementara waktu kegiatan belajar siswa bertempat di SMP Negeri 1 Wanayasa. Saat itu SMA Wanayasa masih merupakan kelas jauh dari SMA Negeri 1 Purwakarta. Adapun pelaksana harian yang ditunjuk adalah Bapak Omin, BA.
Memasuki tahun 1990, pembangunan gedung sekolah masih terus berjalan. Sedikit demi sedikit bangunan kelas jauh sudah bisa digunakan meskipun masih beralaskan tanah. Mulailah para siswa menempati gedung baru di lokasi yang sekarang kita tempati.
Setelah dirasa cukup memadai sebagai bangunan sekolah, gedung baru SMA Wanayasa ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang masa itu dijabat oleh Prof. Dr. Fuad Hasan pada tanggal 16 Januari 1993 dengan status sebagai sekolah negeri sehingga namanya menjadi SMA Negeri 1 Wanayasa.
Orang yang sangat berjasa dalam pengadaan tanah bagi berdirinya SMA Negeri 1 Wanayasa adalah Bapak Drs. H. Suherman Saleh yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Dia memberikan pinjaman dana berupa sejumlah uang untuk pembelian tanah dan pembuatan sertifikat tanah.
Sejak diresmikan dan berubah menjadi SMAN 1 Wanayasa tampuk pimpinan beralih dari Drs. Nanai Said (Kepala SMAN 1 Purwakarta) kepada Bapak Drs. Sakib dari tahun 1993 sampai dengan tahun 1997. Selanjutnya berturut-turut pada periode 1997-2001 dipimpin oleh Drs. Armid Gunawan, periode 2001-2005 dipimpin oleh Drs. Ato Warsito, periode 2005-2008 dipimpin oleh Drs. Nana Suryana, M.M.Pd, periode 2008-sekarang dipimpin oleh Dra. Hj. Encah Komariah, M.M. Dengan berbagai karakter dan kepribadian kepemimpinan yang berbeda-beda SMA Negeri 1 Wanayasa berubah menjadi sekolah yang mandiri.
Menginjak tahun 2010 ini SMAN 1 Wanayasa sudah berusia 23 tahun. Dari tahun ke tahun, SMAN 1 Wanayasa terus berkembang dan berbenah diri, baiks ecara kualitas maupun kuantitas. Kini SMA Negeri 1 Wanayasa sudah memiliki 20 ruangan kelas, satu ruang kepala sekolah, satu ruang guru, satu ruang tata usaha, satu ruang perpustakaan, satu laboratorium IPA, satu ruang laboratorium komputer, dan satu ruang multimedia.
Kini di usianya yang ke 23 tahun, SMA Negeri 1 Wanayasa patut berbangga, karena sudah meraih berbagai prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, sampai tingkat provinsi, bahkan kepala sekolah pada periode yang sedang berjalan pun termasuk kepala sekolah berprestasi tingkat Kabupaten Purwakarta.
Dengan perlahan tapi pasti, SMA Negeri 1 Wanayasa terus mengayunkan langkah untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya. Tahun 2020 terjadi pergantian pimpinan Kepala Sekolah 3 kali dimulai dari bapak Drs Dedeng Yang Menjabat sebagai PLT kemudian digantikan oleh Ibu Dra. Hj. Emma Sukmasih, M.Pd juga dengan status PLt. Baru pada bulan Juli 2020 terjadi pimpinan definitif SMAN 1 Wanayasa yang dilantik pada tanggal 10 Juli 2020 , yaitu SUMIATI, S.Pd, M.Pd

Sejarah Pimpinan

Kepala sekolah yang pernah memimpin SMA Negeri 1 Wanayasa: Dalam kurun waktu selama 23 tahun lebih, sekian banyak nama kepala sekolah telah memimpin SMA Negeri 1 Wanayasa, yaitu:

Daftar kepala sekolah SMA Negeri 1 Wanayasa
No. Nama Mulai
menjabat
Selesai
menjabat
1 Syakieb 1992 1996
2 Armid 1996 2000
3 Drs. Ato Warsito 2000 2004
4 Nana Suryana, M.Pd 2004 2008
5 Dra. Hj. Encah Komariah, M.M 2008 2013
6 Dra.Hj. Emma Sukmasih, M.Pd 2013 2016
7
Drs. Nunu Setia Nugraha, MM.Pd 2016 2019
8 Drs.Dedeng Ahmad Rahmani 2019 2020
9 Sumiati, S.Pd, M.Pd 2020 hingga

sekarang

Akreditasi

  • Nilai Akreditasi: 93
  • Peringkat Akreditasi: A
  • Tanggal Penetapan: 2019

Fasilitas

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 1 Wanayasa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Jenis Ruang

Jumlah Ruang

Luas

( M2 )

Kondisi Ruang

Baik

Rusak Ringan

Rusak Berat

Ket

R. Teori / Kelas

21

2368

17

4

-

 

R. Laboratorium

1

144

1

-

-

 

R. Perpustakaan

1

128

-

1

-

 

R. Keterampilan / Praktik

-

-

-

-

-

 

R. Kepala Sekolah

1

21

1

-

-

 

R. Tata Usaha

1

36

1

-

-

 

Gudang

1

21

1

-

-

 

R. Guru

1

128

1

-

-

 

R. BP / BK

1

31

1

-

-

 

R. LB / Prakter Komputer

1

72

1

-

-

 

Mesjid / Mushola

1

45

1

-

-

 

WC Guru

2

12

1

-

-

 

WC Siswa

11

33

11

-

-

 

WC Kepala Sekolah

-

-

-

-

-

-

Lab. Kimia

-

-

-

-

-

-

Lab. Fisika

-

-

-

-

-

-

Lab. Biologi

1

128

1

-

-

-

R. OSIS

1

20

1

-

-

 

R. Multimedia

1

72

1

-

-

 

Kantin Sekolah

3

99

3

-

-

 

R. UKS

1

12

1

-

-

 

R. Tamu

1

27

1

-

-

 

 

Ekstrakurikuler

SMA Negeri 1 Wanayasa Purwakarta memiliki sekitar 20 kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya, 1. Paskibra 2. Pramuka 3. PMR 4. Tks 5. Gulat 6. Bulutangkis 7. Sepakbola 8. Olimpiade IPA 9. Olimpiade IPS 10. English Club 11. Japanesse Club 12. Basketball 13. Bolavoli 14. Mading 15. jurnalistik

Pranala luar

Information related to "SMA Negeri 1 Wanayasa" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya