Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Petrus Regout


Petrus Regout
Regout dilukis oleh P.H. Windhausen sekitar tahun 1870
Lahir23 Maret 1801
Maastricht, Belanda
Meninggal18 Pebruari 1878
Meerssen, Belanda
KebangsaanBelanda
PekerjaanIndustrialis, Politisi
Dikenal atasPendiri perusahaan keramik Petrus Regout & Co.
Suami/istriMaria Aldegonda Hoeberechts
Anak● Louis Regout
● Gustave Jean Hubert Regout
● Petrus Alexander Hubertus Regout
● Hubert Edouard Thomas Regout
● Eugène Bernard Hubert Regout

Petrus Laurentius Regout atau disebut juga Petrus Dominicus Laurentius Regout, (23 Maret 1801 – 18 Februari 1878), adalah seorang industrialis dan politisi berkebangsaan Belanda.

Keramik buatan Belanda yang banyak ditemukan di Indonesia, banyak diantaranya merupakan hasil produksi Petrus Regout. Keramik produksi pabrik Petrus Regout yang ditemukan di situs-situs masa kolonial di Indonesia mudah dikenali dari cap logo yang tertera bagian bawah yang dikenal dengan nama De Sphinx.[1] Dalam beberapa kondisi terkadang pada keramik Petrus Regout yang sering ditemui di Indonesia terdapat logo: P. Regout Maastricht beserta kata-kata bertuliskan aksara Jawa.[2]

Biografi

Dia adalah saudara dari Thomas Regout dan ayah dari Louis Regout (seorang industrialis dan politisi).

Pada tahun 1827 ia mendirikan pabrik kaca, yang belakangan berubah menjadi pabrik gerabah/keramik dan memproduksi peralatan kebutuhan rumah tangga berbahan keramik yang diperdagangkan untuk pasar lokal, kemudian pada tahun 1834 ia membuat tiruan dari produk gerabah/keramik Inggris yang bermutu baik, lalu ia mempekerjakan sekitar 1840 orang pekerja untuk memproduksi perkakas Inggris; pada tahun 1870 putranya diangkat menjadi wakil direktur perusahaannya yang beranama NV. Petrus Regout & Co..

Produk keramik Regout menggunakan merek dagang "Koninklijke Sphinx" dengan menggunakan logo Sphinx biru pada profil utamanya; dekorasi vas pada meja yang terinspirasi dari produk keramik Cina dan memiliki kemiripan dengan keramik dari produk Delft. Sementara itu, tahun 1883 Louis Regout putranya membangun usaha porselen dan ubin yang kemudian menjelma menjadi perusahaan yang dikenal dengan merek dagang Mosa.[3]

Mandat dan fungsi

Referensi

  1. ^ "Keramik Belanda". kemdikbud.go.id. 13 April 2020. Diakses tanggal 8 Juli 2021. 
  2. ^ "Jejak P. Regout Maastricht 1836 di Banua Oge Pue Njidi". komunitashistoriasul-teng.simplesite.com. 14 Januari 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-09. Diakses tanggal 9 Juli 2021. 
  3. ^ "Dari dArtagnan ke Keramik". kompas.com. 28 Januari 2009. Diakses tanggal 9 Juli 2021. 
Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya