Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Pesan galat

Pesan galat

Pesan galat atau pesan eror (Bahasa Inggris: error message) adalah informasi yang ditampilkan ketika kondisi yang tidak diharapkan terjadi, umumnya terjadi pada komputer. Pesan galat digunakan jika dibutuhkan campur tangan pengguna terhadap sistem ataupun karena terjadi kegagalan pada operasi yang dijalankan. Pesan galat akan terlihat ketika melalui komputasi, dan merupakan bagian dari setiap sistem operasi atau perangkat keras komputer. Desain pesan kesalahan yang tepat adalah topik penting dalam kegunaan dan bidang lain dari interaksi manusia-komputer.[1]

Format Pesan

Format yang digunakan oleh pesan galat bervariasi antara sistem operasi dan berbagai program. Pesan galat pada perangkat keras, seperti periferal komputer, kemungkinan memiliki format lampu indikator dari sebuah kondisi gagal, kode singkat yang perlu ditafsirkan menggunakan lembar pencarian atau manual, atau melalui pesan yang lebih rinci di layar.

Pada komputer, pesan galat kemungkinan akan mengambil format teks tertulis dalam sebuah konsol (tampilan) atau mereka direpresentasikan sebagai antarmuka pengguna grafis. Pesan galat sering direpresentasikan sebagai kotak dialog, yang membuat mereka mengikuti mode kesalahan pada interaksi pengguna.

Referensi

  1. ^ Minhas, Saadia (2018-05-30). "How to Write Good Error Messages". UX Planet. Diakses tanggal 2019-02-11. 
Kembali kehalaman sebelumnya