Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Pemimpin kerugian

Pemimpin kerugian atau loss leader[1] adalah strategi penetapan harga ketika suatu produk dijual dengan harga di bawah biaya pasarnya[2] untuk merangsang penjualan lain dari barang atau jasa yang lebih menguntungkan. Dengan strategi promosi penjualan/pemasaran seperti ini, produk dijual untuk menarik pelanggan baru atau untuk menjual produk dan jasa tambahan kepada pelanggan tersebut. Strategi penjualan ini menjadi praktik umum ketika bisnis pertama kali memasuki pasar. Strategi pemimpin kerugian memperkenalkan pelanggan baru ke jasa atau produk dengan harapan membangun basis pelanggan dan mengamankan pendapatan berulang di masa depan.[3]

Salah satu kegunaan strategi pemimpin kerugian adalah untuk menarik pelanggan ke suatu toko tempat mereka cenderung membeli barang lain. Penjual mengharapkan bahwa pelanggan biasa akan membeli barang-barang lain pada saat yang sama dan keuntungan yang diperoleh dari barang-barang ini akan sedemikian rupa sehingga keuntungan keseluruhan dihasilkan untuk penjual.

"Loss lead" adalah barang yang ditawarkan untuk dijual dengan harga lebih murah yang dimaksudkan untuk "mengarahkan" agar pembeli membeli jasa atau produk lain. Strategi pemimpin kerugian menawarkan harga di bawah margin keuntungan minimumnya, meskipun tidak selalu di bawah biaya.

Referensi

  1. ^ Leader Diarsipkan 2009-01-25 di Wayback Machine., The American Heritage Dictionary of the English Language: Fourth Edition, Houghton Mifflin Company, 2000.
  2. ^ Loss Leader Diarsipkan 2008-07-26 di Wayback Machine., The American Heritage Dictionary of the English Language: Fourth Edition, Houghton Mifflin Company, 2000.
  3. ^ Leader, Random House Unabridged Dictionary, Random House, Inc., 1997.

Information related to "Pemimpin kerugian" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya