Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Majalengka, Majalengka

eksplorasi ditambahkan pranala dalam

Majalengka
"Gedung Jangkung" di Majalengka
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenMajalengka
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri32.10.07 Edit nilai pada Wikidata
Kode BPS3210070 Edit nilai pada Wikidata
Desa/kelurahan-

Majalengka merupakan ibu kota Kabupaten Majalengka sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Majalengka. Majalengka merupakan suatu wilayah kecamatan dari total 26 kecamatan[1] yang terletak di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Majalengka sendiri memiliki suatu bangunan yang ikonik bernama gedung Jangkung.

Sejarah Kecamatan Majalengka

Nama kecamatan dan kelurahan yang ada di kabupaten majalengka berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Majalengka nomor 10 tahun 2009 tentang organisasi perangkat daerah kabupaten majalengka. Kecamatan Majalengka terdiri atas:[2]

  1. Desa Cibodas (Kodepos: 45411)
  2. Desa Kawunggirang (Kodepos: 45411)
  3. Kelurahan Kulur (Kodepos: 45411)
  4. Kelurahan Majalengka Wetan (Kodepos: 45411)
  5. Desa Sidamukti (Kodepos: 45411)
  6. Kelurahan Sindangkasih (Kodepos: 45411)
  7. Kelurahan Cicurug (Kodepos: 45412)
  8. Kelurahan Tonjong (Kodepos: 45414)
  9. Kelurahan Cikasarung (Kodepos: 45415)
  10. Kelurahan Tarikolot (Kodepos: 45416)
  11. Kelurahan Cijati (Kodepos: 45417)
  12. Kelurahan Munjul (Kodepos: 45417)
  13. Kelurahan Majalengka Kulon (Kodepos: 45418)
  14. Kelurahan Babakan Jawa (Kodepos: 45419)

Karena Majalengka ini juga sebagai ibu kota Kabupaten Majalengka, kesejarahannya sebagai kabupaten sering tumpang tindih dengan kesejarahan kota kecamatan. Setiap kecamatan memiliki kesejarahannya sendiri-sendiri yang biasa dikenal sebagai asal-usul atau sasakala.[3]

Sejarah kabupaten Majalengka pernah diteliti dan direkonstruksi. Penelitian paling mutakhir dilakukan oleh N. Kartika yang meneliti sejarah kabupaten Majalengka dalam bukunya "Sejarah Majalengka; Sindangkasih–Maja–Majalengka."[4]

Untuk melengkapi sejarah kabupaten Majalengka pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Secara ringkas, melalui data sejarah sebagai rekaman dan peninggalan agar peristiwa masa lampau dapat direkonstruksi secara imajinatif (Gottschalk, 1985: 32).[5]

Legenda Masyarakat

Masyarakat Kabupaten Majalengka memiliki banyak mitos sebagai upaya memperkaya khasanah kebudayaan suatu masyarakat dan tingkat perkembangan pola pemikiran atau mentalitas masyarakat pada suatu periode. Mitos-mitos itu antara lain terkait pada asal-usul nama tempat atau daerah, benda dan budaya. Mitos yang menceritakan tentang asal usul nama Majalengka. Cerita asal-usul nama Majalengka berkaitan dengan wawacan sejarah karatuan sindangkasih antara lain menceriterakan bahwa pada akhir abad ke-15 daerah Sindangkasih diperintah oleh seorang ratu yang bernama Nyi Rambutkasih.

Dalam penelitiannya Nina Lubis (2012) menceritakan berdasarkan cerita rakyat menerangkan bahwa sang ratu rambut kasih merupakan keturunan Prabu Siliwangi sehingga masih bersaudara dengan Nyi Rarasantang, Prabu Kiansantang, dan Prabu Walangsungsang. Dari keempat orang itu hanya Nyi Rambutkasih yang masih memegang teguh agama Hindu, sedangkan ketiga saudaranya itu telah memeluk agama Islam.[6]

Lebih jauh dikatakan Nina Lubis bahwa kekuasaan Nyi Rambutkasih di Sindangkasih bermula dari keinginannya untuk menemui saudaranya yang bernama Raden Munding Sariageng yang pada waktu berkuasa di Talaga. Akan tetapi, sesampainya di perbatasan Majalengka dan Talaga, Nyi Rambutkasih mengurungkan keinginannya itu karena mendengar daerah Talaga telah diislamkan. Sang Ratu kemudian memutuskan untuk menetap di Sindangkasih dengan wilayah kekuasaanya meliputi Sindangkasih, Kulur, Kawunghilir, Cieurih, Cicenang, Cigasong, Babakan Jawa, Munjul, dan Cijati.

Nyi Rambutkasih berhasil membawa kerajaan Sindangkasih menjadi kerajaan yang makmur karena rakyat hidup aman dan sentosa. Kehidupan ekonominya berasal dari pertanian dan sebagian wilayahnya ditumbuhi pohon maja yang berkhasiat untuk mengobati penyakit demam. Selain itu, Kerajaan Sindangkasih pun telah berhasil membuat pakaian untuk kebutuhan sehari-harinya karena di kerajaan ini dikembangkan pohon kapas. Demikian juga dengan keperluan gula, sudah bisa dipenuhi sendiri karena Nyi Rambutkasih berhasil mengembangkan pohon aren.[7]

Namun demikian, eksistensi Kerajaan Sindangkasih tidak berlangsung lama karena ketidakmampuan Nyi Rambutkasih membendung pengaruh Islam. Atas perintah Sunan Gunung Jati, Pangeran Muhammad beserta istrinya yang bernama Nyi Siti Armilah berangkat ke Kerajaan Sindangkasih. Mereka berdua diberi tugas untuk mencari pohon maja karena pada waktu itu banyak penduduk Cirebon yang sakit demam. Selain itu, kedua utusan Sunan Gunung Jati tersebut diperintahkan juga untuk mengislamkan Kerajaan Sindangkasih. Tujuan pertama dari kedua utusan tersebut tidak dapat dilaksanakan karena pohon maja yang banyak tumbuh di Kerajaan Sindangkasih telah “disembunyikan” oleh Nyi Rambutkasih.[8]

Pangeran Muhammad terus mencari pohon maja dan menyuruh Nyi Siti Armilah untuk mencari Nyi Rambutkasih dengan maksud mengislamkan dirinya. Pada akhirnya, Nyi Siti Armilah berhasil bertemu dengan Nyi Rambutkasih sehingga menimbulkan perdebatan di antara keduanya. Ketika Nyi Siti Armilah mengingatkan Nyi Rambutkasih tentang kematian, Nyi Rambutkasih berkata bahwa dirinya tidak akan pernah mati. Bersamaan dengan itu, ngahiang-lah Ratu Sindangkasih itu di Cilutung. Nyi Siti Armila kemudian menetap di Sindangkasih dan berhasil mengislamkan daerah tersebut. Seiring dengan ngahiang-nya Nyi Rambutkasih, berakhirlah eksistensi Kerajaan Sindangkasih, sebuah kerajaan yang hidup dalam ingatan kolektif masyarakat Majalengka. Sampai saat ini, beberapa patilasan Nyi Rambutkasih antara lain Sumur Sindangkasih, Sumur Sundajaya, Sumur Ciasih, dan batu-batu bekas bertapa yang ada di Majalengka masih dianggap sebagai tempat yang angker.

Keadaan alam Kota Majalengka

Geologi

Menurut keadaan geologi yang meliputi sebaran dan struktur batuan, terdapat beberapa batuan dan formasi batuan yaitu Aluvium seluas 17.162 Ha (14,25%), Pleistocene Sedimentary Facies seluas 13.716 Ha (13,39%), Miocene Sedimentary Facies seluas 23,48 Ha (19,50%), Undiferentionet Vulcanic Product seluas 51.650 Ha (42,89%), Pliocene Sedimentary Facies, seluas 3.870 Ha (3,22%), Liparite Dacite seluas 179 Ha (0,15%), Eosene seluas 78 Ha (0,006%), Old Quartenary Volkanik Product seluas 10.283 Ha (8,54%). Jenis-jenis tanah di Kabupaten Majalengka ada beberapa macam, secara umum jenis tanah terdiri atas Latosol, Podsolik, Grumosol, Aluvial, Regosol, Mediteran, dan asosianya. Jenis-jenis tanah tersebut memegang peranan penting dalam menentukan tingkat kesuburan tanah dalam menunjang keberhasilan sektor pertanian.

Morfologi

Keadaan morfologi dan fisiografi wilayah Kabupaten Majalengka sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh perbedaan ketinggian suatu daerah dengan daerah lainnya, dengan distribusi sebagai berikut:

  • Morfologi dataran rendah yang meliputi Kecamatan Kadipaten, Panyingkiran, Dawuan, Jatiwangi, Sumberjaya, Ligung, Jatitujuh, Kertajati, Cigasong, Majalengka, Leuwimunding dan Palasah. Kemiringan tanah di daerah ini antara 5%-8% dengan ketinggian antara 20–100 m di atas permukaan laut (dpl), kecuali di Kecamatan Majalengka tersebar beberapa perbukitan rendah dengan kemiringan antara 15%-25%.
  • Morfologi berbukit dan bergelombang meliputi Kecamatan Rajagaluh dan Sukahaji sebelah Selatan, Kecamatan Maja, sebagian Kecamatan Majalengka. Kemiringan tanah di daerah ini berkisar antara 15-40%, dengan ketinggian 300–700 m dpl.
  • Morfologi perbukitan terjal meliputi daerah sekitar Gunung Ciremai, sebagian kecil Kecamatan Rajagaluh, Argapura, Talaga, sebagian Kecamatan Sindangwangi, Cingambul, Banjaran, Bantarujeg dan Lemahsugih dan Kecamatan Cikijing bagian Utara. Kemiringan di daerah ini berkisar 25%-40% dengan ketinggian antara 400–2000 m di atas permukaan laut.

Cuaca dan iklim

Curah hujan tahunan rata-rata di Kabupaten Majalengka berkisar antara 2.400 mm-3.800 mm/tahun dengan rata-rata hari hujan sebanyak 11 hari/bulan. Angin pada umumnya bertiup dari arah Selatan dan tenggara, kecuali pada bulan April sampai dengan Juli bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan antara 3-6 knot (1 knot =1.285 m/jam).

Hidrologis

Dari aspek hidrologis di Kabupaten Majalengka mempunyai beberapa jenis potensi sumber daya air yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Potensi sumber daya air tersebut meliputi:

  1. Air permukaan, seperti mata air, sungai, danau, waduk lapangan atau rawa,
  2. Air tanah, seperti sumur bor dan pompa pantek dan air hujan. Sungai yang besar di antaranya adalah Cilutung, Cideres, Cikeruh, Ciherang, Cikadondong, Ciwaringin, Cilongkrang, Ciawi dan Cimanuk.

Minyak dan gas bumi

Berdasarkan data dari Pertamina Eksplorasi dan Produksi Karang Ampel, bahwa potensi bahan minyak dan gas bumi di Kabupaten Majalengka meliputi 14 buah sumur minyak. Sisa cadangan total pasti minyak bumi mencapai 73.46.168 MSTB, sedangkan sisa cadangan total pasti gas alam mencapai 81.088,10 MMSCF.

Pendidikan

Universitas yang ada di kota Majalengka:

Universitas Negri:

Kelurahan/desa

Rujukan

  1. ^ "Daftar Kecamatan/Distrik di Kabupaten Majalengka + Kode POS, hal 1". www.nomor.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-20. 
  2. ^ "Daftar Desa/Kelurahan di Kecamatan Majalengka Kab. Majalengka + Kode POS, hal 1". www.nomor.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-20. 
  3. ^ Setiawan, Ebta. "Arti kata sasakala - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2018-03-20. 
  4. ^ N. Kartika, Sejarah Majalengka; Sindangkasih–Maja–Majalengka. UvulaPress, 2008
  5. ^ Gottschalk, Louis. Louis Gottschalk. "Mengerti sejarah". 1985. Jakarta: UI Press
  6. ^ "2. Nyi Putri Buniwangi/ Nyi Rambut Kasih b. 1552? - Rodovid ID". id.rodovid.org. Diakses tanggal 2018-03-19. 
  7. ^ "Menguak Misteri Patilasan Nyi Rambut Kasih | SindangKasih News". www.sindangkasihnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-20. Diakses tanggal 2018-03-19. 
  8. ^ "Nyai Rambut Kasih, Ratu Majalengka nan Sakti dan Cantik". Sindonews.com. Diakses tanggal 2018-03-19. 

Read other articles:

Municipio Concelho País  PortugalCategoría Segundo nivel de división administrativaLocalizados en Distritos y regiones autónomasDatos estadísticosNúmero actual 308[editar datos en Wikidata] Los municipios en Portugal, denominados tradicionalmente en portugués concelhos y también municipio aunque ambos términos no son originalmente equivalentes ya que el primero hace referencia la institución que administra y el segundo al territorio administrado.,[1]​ son la segund…

هذه المقالة بحاجة لمراجعة خبير مختص في مجالها. يرجى من المختصين في مجالها مراجعتها وتطويرها. (يوليو 2016) تحتاج هذه المقالة إلى الاستشهاد بمصادر إضافية لتحسين وثوقيتها. فضلاً ساهم في تطوير هذه المقالة بإضافة استشهادات من مصادر موثوقة. من الممكن التشكيك بالمعلومات غير المنسوبة…

Igreja de Santo Antônio da Mouraria Igreja de Santo Antônio da Mouraria Início da construção 1724 Fim da construção 1726 Religião católica Património nacional Data Nacional Geografia País  Brasil Cidade Salvador Endereço Rua da Mouraria, Nazaré Coordenadas 12° 58' 50.25 S 38° 30' 38.47 O A Igreja de Santo Antônio da Mouraria é um templo católico brasileiro, construído em 1724 em devoção a Santo Antônio. A igreja está localizada na cidade de Salvador, n…

Sint-Theresia van het Kind Jezuskerk De Sint-Theresia van het Kind Jezuskerk (Église Sainte-Thérèse de l'Enfant Jézus) is de parochiekerk van de in de deelgemeente Andrimont van de Belgische gemeente Dison gelegen buurtschap Ottomont, gelegen aan de Rue Albert de 't Serclaes (Sentier Noir). De kerk werd in de jaren '60 van de 20e eeuw gebouwd voor een uitbreidingswijk die Nouveau Monde genoemd werd. Het is een doosvormig bouwwerk in modernistische stijl. Baksteen en beton zijn de materialen …

Bondol Coklat Bondol cokelat, Lonchura atricapilla jagori dari Cebu, Filipina Status konservasi Risiko Rendah (IUCN 3.1) Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Aves Ordo: Passeriformes Famili: Estrildidae Genus: Lonchura Spesies: L. atricapilla Nama binomial Lonchura atricapilla(Vieillot, 1807) Bondol cokelat (Lonchura atricapilla) adalah sejenis burung kecil pemakan biji-bijian yang tergolong dalam suku Estrildidae. Sebelumnya, burung ini dianggap sebagai anak je…

Artikel ini perlu dikembangkan agar dapat memenuhi kriteria sebagai entri Wikipedia.Bantulah untuk mengembangkan artikel ini. Jika tidak dikembangkan, artikel ini akan dihapus. Universitas Putra Indonesia YPTK PadangMotoMelangkah Lebih MajuJenisPerguruan Tinggi SwastaDidirikan23 September 1985 (sebagai sekolah tinggi)2001 (sebagai universitas)RektorProf. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc.AlamatPadang, Sumatera BaratSitus webhttp://upiyptk.ac.id Herman Nawas bersama Wali Kota Padang Mahyeldi pada…

Dieser Artikel befasst sich mit dem Skirennläufer Hermann Maier. Zum Industriebauer siehe Hermann Maier-Leibnitz; zu anderen Personen siehe Hermann Mayer. Hermann Maier Hermann Maier im Dezember 2006 Nation Osterreich Österreich Geburtstag 7. Dezember 1972 (50 Jahre) Geburtsort Altenmarkt im Pongau, Österreich Größe 181 cm Gewicht 86 kg Karriere Disziplin Abfahrt, Super-G, Riesenslalom, Slalom, Kombination Verein USC Flachau Status zurückgetreten Karriereende 13. Oktober 2009 Med…

German footballer Tom Schütz Schütz with Arminia Bielefeld in 2013Personal informationDate of birth (1988-01-20) 20 January 1988 (age 35)Place of birth Bamberg, West GermanyHeight 1.81 m (5 ft 11 in)Position(s) Defensive midfielder, Centre-backTeam informationCurrent team Arminia Bielefeld (U17 assistant)Youth career0000–2005 1. FC HaßfurtSenior career*Years Team Apps (Gls)2005–2010 Bayern Munich II 111 (1)2010–2011 SV Babelsberg 03 36 (1)2011–2020 Arminia Bielefel…

العلاقات التوفالية المالية توفالو مالي   توفالو   مالي تعديل مصدري - تعديل   العلاقات التوفالية المالية هي العلاقات الثنائية التي تجمع بين توفالو ومالي.[1][2][3][4][5] مقارنة بين البلدين هذه مقارنة عامة ومرجعية للدولتين: وجه المقارنة توفالو مالي …

Species of flowering plant Aliciella leptomeria Scientific classification Kingdom: Plantae Clade: Tracheophytes Clade: Angiosperms Clade: Eudicots Clade: Asterids Order: Ericales Family: Polemoniaceae Genus: Aliciella Species: A. leptomeria Binomial name Aliciella leptomeria(A.Gray) J.M.Porter Aliciella leptomeria (formerly Gilia leptomeria) is a species of flowering plant in the phlox family known by the common names sand gilia and Great Basin gilia. It is native to the Western United Stat…

Garis singgung kurva. Garis merah merupakan garis singgung kurva pada titik yang ditandai oleh titik merah. Bidang singgung bola Dalam geometri, garis singgung (bahasa Inggris: tangent) kurva bidang pada titik yang diketahui adalah garis lurus yang hanya menyentuh kurva pada titik tersebut. Leibniz mendefinisikan garis singgung sebagai garis yang melalui sepasang titik takhingga dekat pada kurva.[1] Lebih tepatnya, garis lurus disebut menyinggung kurva y = f (x) di titik x = c pada k…

Angkatan laut di Hindia Belanda khususnya merupakan tanggung jawab Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) sampai masa Daendels. Setelah Interregnum Inggris di awal abad ke-19, AL tersebut tersusun dari berbagai organisasi marinir yang memiliki tugas rumit. Pertentangan kompetensi dan perbedaan pemahaman di antara Kementerian Jajahan dan AL di Den Haag menyebabkan organisasi kerja yang efisien sulit tercapai.[1] Sejarah Vereenigde Oostindische Compagnie Armada bersenjata dan yacht pada a…

Hotel in Lancaster, Pennsylvania Cartoon Network HotelGeneral informationLocation2285 Lincoln Hwy ELancaster, PennsylvaniaOpening1971 (As Ramada Inn)1974 (As Continental Inn)January 10, 2020 (As Cartoon Network Hotel)OwnerRamada Inn (1971-1974)Gleiberman family (1974-2018)Palace Entertainment (2018-present) under a license from Cartoon Network (Warner Bros. Discovery)Technical detailsFloor count2Other informationNumber of rooms165[1]WebsiteOfficial website The Cartoon Network Hotel is a …

Extinct genus of saber-toothed cat from North America, Eurasia and Africa MegantereonTemporal range: Late Miocene–Middle Pleistocene PreꞒ Ꞓ O S D C P T J K Pg N M. cultridens skeleton Scientific classification Domain: Eukaryota Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Class: Mammalia Order: Carnivora Suborder: Feliformia Family: Felidae Subfamily: †Machairodontinae Tribe: †Smilodontini Genus: †MegantereonCroizet & Jobert, 1828 Type species Megantereon cultridens(Cuvier, 1824) Other spe…

South Korean TV series or program The ChaserPromotional posterHangul추적자 GenreActionThrillerProceduralCreated bySBS TVWritten byPark Kyung-sooDirected byJo Nam-kookJin HyukJo Young-kwangCreative directorLee Jung-heumStarringSon Hyun-jooKim Sang-joongComposerPark Se-joonCountry of originSouth KoreaOriginal languageKoreanNo. of episodes16 + 2 specialsProductionExecutive producerLee Hyun-jinProducersKyung Min-SukLee Sung-hoonPark Sun-jaeCinematographyKim Dae-kwonJung Ki-HyunEditorBang Soo…

This article relies largely or entirely on a single source. Relevant discussion may be found on the talk page. Please help improve this article by introducing citations to additional sources.Find sources: Saga Musical Instruments – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (September 2020) Saga Musical InstrumentsIndustryMusical instrumentsHeadquartersUnited StatesWebsiteOfficial website Saga Musical Instruments is a manufacturer and wholesale distribut…

У Вікіпедії є статті про інші значення цього терміна: Валенсія. Валенсійська громада Comunitat ValencianaComunidad Valenciana Герб Валенсії Прапор Столиця Валенсія Країна  Іспанія[1] Країна  Іспанія Межує з: сусідні адмінодиниці Каталонія, Арагон, Кастилія-Ла-Манча, Мурсія …

Pub in Hammersmith, London The Dove in September 2005 Interior in June 2014 The Dove is a Grade II listed public house at 19 Upper Mall, Hammersmith, London W6 9TA.[1] History It dates from the early 18th century.[1] A number of historical figures have been associated with the pub beside the River Thames. Among these are Graham Greene, Ernest Hemingway, Dylan Thomas and William Morris who lived next door.[2] James Thompson is said to have written the words for the 1740 so…

Immigration from the Philippines to Spain Spanish people of Filipino ancestryTotal population200,000 (2018)[1]Including an estimated 37,000 people with Filipino citizenship only.[2]Regions with significant populationsMadrid, Barcelona, Málaga and other urban areasThe following numbers (from 2021) represent Filipinos in Spain with Filipino citizenship only.[2] Community of Madrid16,119 (43.17%) Catalonia11,765 (31.51%) Andalusia2,857 (7.65%) Balearic I…

Halaman ini berisi artikel tentang provinsi. Untuk kota bernama sama, lihat Kota Bengkulu. Untuk Kegunaan lain, lihat Bengkulu (disambiguasi). Bengkulu BangkahuluBencoolenKulauProvinsiTranskripsi bahasa Rejang dan Melayu Bengkulu • Aksara Rejangꤷꥍꥏꤰꥈꤾꥈ • Abjad JawiبڠكولوDari atas searah jarum jam: Padma raksasa, Tabot, Rumah Pengasingan Soekarno, Benteng Marlborough BenderaLambangJulukan: Bumi RafflesiaMotto: Sekundang Setungguan Seiyo S…

Kembali kehalaman sebelumnya