Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Komik web

Komik web atau cergam daring (Inggris: webcomic) adalah komik yang diterbitkan di situs web. Sementara banyak diterbitkan secara eksklusif di web, yang lain juga diterbitkan di majalah, koran atau di buku.

Komik daring dapat dibandingkan dengan komik cetak yang diterbitkan sendiri di mana hampir semua orang dapat membuat komik daring mereka sendiri dan mempublikasikannya. Tingkat pembaca bervariasi; banyak yang hanya dibaca oleh teman-teman langsung dari pencipta dan keluarga, sementara beberapa pembaca diklaim jauh lebih besar di mana dari satu juta pembaca.[1][2][3]

Komik web dari wilayah tak berbahasa Inggris

Webtoon

Korea Selatan telah mengembangkan dengan baik sistem komik web bergaya manhwa yang disebut sebagai Webtoon. Webtoon biasanya disajikan dari portal situs Korea Selatan yang utama seperti Naver dan Daum yang membuat Webtoon sebagai salah satu budaya Korea terpopuler. Sebagian seniman Webtoon bisa mendapatkan penghasilan yang mendasar karena portal web ini memiliki sejumlah besar pengguna.

Referensi

  1. ^ Allen, Todd (27 February 2012). "Rich Burlew Talks About His $1 Million Kickstarter Book Project". Publishers Weekly. Diakses tanggal May 24, 2013. 
  2. ^ O'Malley, Bryan Lee (2 October 2012). "'Scott Pilgrim' Guy Interviews 'Homestuck' Guy: Bryan Lee O'Malley On Andrew Hussie". Comics Alliance. AOL. Diakses tanggal May 24, 2013. 
  3. ^ Geddes, John (April 2, 2010). "'Penny Arcade' a testament to the power of gaming culture". USA Today. Diakses tanggal October 12, 2011. 

Pranala luar

Information related to "Komik web" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya