Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kasus pelecehan seksual dalam lingkungan Gereja Katolik menurut negara


Halaman ini adalah dokumen kasus pelecehan seksual dalam lingkungan Gereja Katolik menurut negara.

Eropa

Austria

  • Pada bulan Juli 2004, muncul foto-foto sejumlah pastor yang mencium dan meraba-raba tubuh peserta seminari di Diosis Santo Poelten.

Belanda

Pada bulan Maret 2010, lebih dari 300 korban pelecehan seksual melapor dalam beberapa pekan ini setelah media melaporkan tiga pastor dari Ordo Salesian melakukan pelecehan seksual beberapa dasawarsa lalu di sebuah pondokan Katolik di sana.

Britania Raya

  • Pada bulan Juli 2000, Kardinal London Murphy-O'Connor mengaku bersalah telah membiarkan seorang pastor pedofilia tetap berkhotbah pada 1980an. Pada tahun 1997, pastur itu akhirnya dihukum setelah terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap sembilan laki-laki selama 20 tahun.

Irlandia

  • Pada bulan Mei 2009, Komisi Gereja meminta digelar penyelidikan atas pemukulan dan pemerkosaan anak oleh sejumlah pastor selama beberapa dasawarsa yang terjadi di dalam tubuh lembaga-lembaga Katolik di sana.

Jerman

  • Pada bulan Februari 2010, Uskup Agung Robert Zollitsch yang memimpin Konferensi Keuskupan Jerman meminta maaf atas pelecehan seksual yang dilakukan para rohaniwan Katolik di sana menyusul adanya lebih dari 100 laporan kasus pelecehan seksual di Sekolah Asrama Yesuit di seluruh negara tersebut.

Amerika Utara

Amerika Serikat

  • Pada bulan Juni 2002, Konferensi Uskup Katolik Amerika Serikat memerintahkan penyelidikan terhadap seluruh kasus-kasus pelecehan seksual.
  • Pada bulan Februari 2004, 10.667 orang yang menuntut keadilan terhadap 4.392 pastor dari total 109.694 pastor di Amerika Serikat. Lebih empat ribu pastor itu dituduh melakukan pelecehan seksual selama 1950-2002. Tak semua kasus disidang karena sebagian besar pelakunya sudah wafat.
  • Pada bulan April 2008, Paus Benediktus XVI menemui korban-korban pelecehan seksual oleh sejumlah penginjil saat melawat ke Amerika Serikat. Serikat Gereja Amerika Serikat mengeluarkan biaya kompensasi sebesar US$ 2miliar untuk para korban pelecehan sejak 1992.

Kanada

  • Pada tahun 2008 di Okt, Uskup Raymond Lahey didakwa memiliki dan membeli pornografi anak. Padahal di awal tahun itu pula ia mengawasi penyaluran dana kompensasi US$ 12 juta untuk korban-korban pelecehan seksual yang terjadi pada 1950-an.

Amerika Selatan

Meksiko

  • Pada bulan Maret 2009, Paus Benediktus XVI memerintahkan pemeriksaan terhadap pastor-pastor ordo atau serikat atau kongregasi Legiun Kristen setelah pendirinya Romo Marcial Maciel terbukti melakukan penganiayaan seksual pada 2006. Paus meminta Romo Maciel pensiun dan menghabiskan sisa hidupnya untuk berdoa dan bertobat. Maciel wafat pada 2008.

Oseania

Australia

  • Pada bulan Juli 2008, 107 pelaku yang dihukum terkait pelecehan seksual disana.

Lihat pula

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya