Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Kalitapen, Purwojati, Banyumas

Desa Kalitapen merupakan salah satu dari 10 desa di wilayah Kecamatan Purwojati yang terletak 5 Km ke barat utara dari Kecamatan. Topografi Desa Kalitapen yaitu meliputi perbukitan dan pesawahan dengan luas luas wilayah 431.090 m².

Desa Kalitapen yang terletak di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas ini memiliki berbagai macam produk olahan makanan dan produk kerajinan tangan. Disamping itu, desa Kalitapen juga memiliki beberapa destinasi wisata Alam yang sampai saat ini masih dalam proses pengembangan, salah satunya adalah wisata alam Gunung Putri Kalitapen.

Produk olahan makanan yang dapat ditemui didesa ini dan mungkin jarang ditemui di desa lain yaitu makanan khas yang terbuat dari bahan ketela pohon/ubi kayu/singkong. Seperti Ondol, Comro, Tolo, Kemplang, Intil, Oyek dll. Serta ada juga jenis makanan yang terbuat dari berbagai macam bahan lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Sisanya hampir sama dengan makanan wilayah lainnya.

Untuk produk kerajinan tangan yang masih diproduksi oleh sebagian kalangan warga di desa ini yaitu kerajinan anyaman bambu yang biasa disebut dengan Cething, Tenong, Tudhung & Pithi ( kami menyebutnya begitu ). Produk ini biasanya dijual/dipasarkan oleh pengrajin di Pasar Ajibarang, Cilongok dan kota/wilayah lainnya dengan harga yang bervariasi, tergantung dari bahan yang dipakai. Apabila bahan yang dipakai banyak yang menggunakan kulitan (bagian bambu paling luar) biasanya lebih mahal harganya. Namun sayangnya kian hari pengrajin semakin berkurang karna nilai jual & permintaan sudah mulai sepi dan mungkin sudah banyak produk lain yang masuk dan lebih praktis untuk digunakan.

Dari segi ekonomi, Desa Kalitapen sudah mulai berkembang karena perputaran ekonomi di desa ini semakin meningkat setiap tahunnya. Sebagian besar warga di desa ini bekerja sebagai petani, pekebun dan peternak. Banyak juga yang bepergian keluar kota maupun daerah sebagai perantau.

Fasilitas Desa ditopang dengan adanya bangunan Pasar, Pujasera, Lapangan, Taman Desa, Puskesmas dan Kantor Sekertariat Desa yang terpusat. Serta instansi pendidikan yang meliputi PAUD, TK Pertiwi, TK Diponegoro, 2 SD, 1 MI, dan 1 MTs.

Batas Wilayah

Sebelah Utara : Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang

Sebelah Selatan : Desa Kaliwangi Kecamatan Purwojati

Sebelah Timur : Desa Kaliputih Kecamatan Purwojati

Sebelah Barat : Desa Pekodokan Kecamatan Wangon

Sumber : https://www.pwjt.my.id/2023/07/mengenal-desa-kalitapen.html?m=1

Information related to "Kalitapen, Purwojati, Banyumas" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya