Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page

Flamingo (Ruang Serbaguna di Surabaya)

Flamingo
Gedung Serbaguna
Informasi umum
LokasiJl. Genteng Kali No.51-53, Kecamatan Genteng, Provinsi Jawa Timur, Kode Pos 60275
KotaSurabaya
Negara Indonesia
Dibuka1992

Flamingo adalah salah satu gedung serbaguna yang terletak di pusat Kota Surabaya. Gedung ini terletak di sebelah selatan Sungai Kalimas, sebelah barat Gedung Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, dan sebelah timur Kantor Pupuk Kalimantan Timur.

Deskripsi Gedung

Flamingo pada awalnya merupakan restoran chinese food dan tempat karaoke yang terletak di pusat Kota Surabaya. Selain digunakan sebagai restoran dan tempat karaoke, gedung ini juga pernah digunakan sebagai diskotik.

Pada zaman wali kota Surabaya Soenarto Soemoprawiro, gedung yang berlokasi di Jalan Genteng Kali itu digerebek berkali-kali oleh Satpol PP dan beberapa anggota polisi Polwiltabes (nama sebelum Polrestabes Surabaya) dikarenakan gedung ini kerap dijadikan ajang tempat pesta miras, perjudian, narkoba hingga esek-esek.[1]

Setelah tidak digunakan lagi, gedung ini berubah menjadi restoran tradisional yang dinamakan "Wakul Nasi Flamingo".[2] Kemudian, gedung ini mengalami transisi dari restoran menjadi gedung serbaguna. Sejak tahun 2020, gedung yang berlokasi di pusat Kota Surabaya itu sudah tidak lagi berfungsi sehingga gedung tersebut bukan lagi sebagai properti komersial.

Pada Juli 2021 - April 2022, gedung ini dipakai sebagai tempat untuk swab test oleh perusahaan teknologi di bidang kesehatan, yaitu NeoClinic.

Galeri

Logo Flamingo Restaurant & Karaoke

Restoran chinese food Flamingo memiliki logo yang mirip seperti logo Hotel Flamingo yang terletak di Las Vegas Strip, Paradise, Nevada, Amerika Serikat. Logo tersebut terdiri dari gambar burung flamingo, rumput, tulisan "Flamingo", dan garis coretan yang berbentuk huruf "Z" dibawah tulisan "Flamingo".

Semenjak gedung ini berubah menjadi restoran tradisional, maka logo Flamingo yang berada di depan gedung mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi pada logo ini adalah pada bagian gambar burung flamingo dan rumput yang digantikan oleh gambar bakul nasi dan ditiadakan garis coretan yang berbentuk huruf "Z" dibawah tulisan "Flamingo".

Pada tahun 2015, logo Flamingo tersebut mengalami perubahan lagi. Perubahan yang terjadi pada logo ini adalah ditiadakan gambar bakul nasi.

Referensi

  1. ^ "Allan Pernah Ditahan". Archived from the original on 2017-08-03. Diakses tanggal 2022-05-18. 
  2. ^ "KapanLagi.com: Travel - Wakul Nasi Flamingo - Surabaya". Archived from the original on 2018-04-30. Diakses tanggal 2022-05-18. 

Information related to "Flamingo (Ruang Serbaguna di Surabaya)" :

Baca informasi lainnya:
Kembali kehalaman sebelumnya