Share to: share facebook share twitter share wa share telegram print page
imag Cara-Membuat-Latar-Belakang-Skripsi-Yang-Baik-dan-Benar

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan oleh setiap mahasiswa untuk lulus dari perguruan tinggi. Saat mengerjakan skripsi, mahasiswa harus mengetahui bagaimana membuat latar belakang, tujuan, manfaat, teori, metode penelitian, hasil, dan penutup. Bagian-bagian tersebut mendukung penyusunan skripsi yang baik dan benar. Latar belakang pembuatan skripsi juga perlu mempertimbangkan teori, konsep, istilah dan gagasan dari skripsi itu sendiri. Secara umum, latar belakang merupakan bagian pertama dari skripsi. Cara Penulisan Skripsi Latar belakang tentunya harus berhubungan dari masing-masing disiplin ilmu yang dipelajari.

Mengetahui latar belakang tesis


Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah tersebut diangkat dalam skripsi. Di bagian bawah, disertakan argumen mengapa suatu topik dipilih. Latar belakang mengungkapkan bukti, data, konsep dan hubungan antar variabel yang terkait dengan topik.

Panjang dan detail latar belakang juga bergantung pada seberapa banyak Anda perlu menunjukkan pemahaman Anda tentang topik tersebut. Latar belakang akan memberikan konteks kepada pembaca tentang informasi yang dibahas dalam tesis. Ini mungkin termasuk studi yang relevan dan penting.

Latar belakang tesis adalah salah satu aspek kunci yang Anda butuhkan saat menulis tesis. Inilah kunci untuk mengenalkan pembaca pada topik skripsi yang diangkat. Latar belakang penelitian digunakan untuk menunjukkan bahwa pertanyaan tesis relevan dan juga untuk mengembangkan tesis.

Ada beberapa cara agar siswa dapat membuat latar belakang. Cara membuat background yang baik dan benar dijelaskan dibawah ini :

1. Jelaskan topik penelitian


Langkah pertama yang dapat dilakukan saat menulis latar belakang adalah mendeskripsikan topik penelitian. Jelaskan secara detail apa topik penelitian yang dipilih. Dari sekian banyak topik yang tersedia, siswa harus dapat menjelaskan mengapa mereka memilih topik tersebut. Apa alasan kuat mengapa siswa akhirnya memutuskan untuk memilih objek penelitian dari topik yang ada?

Penjelasan topik dapat dimulai dengan menuliskan mengapa variabel tersebut dipilih. Misalnya, siswa memilih variabel perilaku konsumen terhadap kepuasan. Siswa harus dapat menjelaskan secara berurutan, apa yang menjadi minat yang menyebabkan mereka memilih variabel tersebut.

Selanjutnya, mengenai obyek penyelidikan. Misalkan objek yang dipilih adalah konsumen sepatu olahraga. Uraikan dengan jelas mengapa objek tersebut layak dipilih dan menarik untuk diteliti.

2. Fenomena untuk Ditemukan


Cara membuat background harus berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Fenomena tersebut akan dijadikan sebagai akar penyebab yang dibahas di latar belakang. Seorang siswa perlu mengandalkan kepekaan untuk menemukan fenomena.

Singkatnya, fenomena adalah sesuatu yang terjadi di lingkungan. Apapun fenomena yang terjadi, dapat ditetapkan sebagai tema atau inti skripsi. Berhasil tidaknya seseorang dalam menemukan suatu fenomena akan tergantung dari banyaknya informasi yang diperolehnya, oleh karena itu pemahaman yang luas terhadap lingkungan sekitar atau hal-hal yang sedang hangat dibicarakan dapat menjadi titik tolak untuk menemukan fenomena.

3. Identifikasi masalah


Setelah menjelaskan topik penelitian, mahasiswa harus mengidentifikasi masalah apa yang ada dalam topik penelitian yang dipilih. Jangan memilih objek yang tidak memiliki masalah. Suatu objek dapat dikatakan sebuah mobil sedan yang bermasalah ketika terjadi sesuatu yang tidak biasa, misalnya ketika terjadi penurunan penjualan sepatu kets pada perusahaan X.

Jika siswa dapat mengidentifikasi masalah, maka akan lebih mudah untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil dalam penyelidikan. Mengidentifikasi masalah juga berarti siswa sudah memiliki kemampuan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan objek yang akan dipelajari. Semakin cepat mahasiswa mengetahui permasalahan yang sedang terjadi, semakin cepat pula penyusunan skripsi.

4. Fokus pada satu masalah


Terkadang mahasiswa belum memahami bahwa saat menyusun skripsi hanya perlu fokus pada satu masalah. Masalah ini harus dipikirkan bagaimana cara mengatasinya. Masalah ini juga harus diperbaiki dengan baik agar tata letak latar belakang dapat dilakukan dengan mudah.

Batasi masalah dimana siswa akan menemukan solusinya. Tidak perlu mencari masalah lain meskipun siswa merasa tertarik. Mahasiswa hanya perlu menyelesaikan masalah yang mereka pilih untuk dipecahkan, karena dalam skripsi yang terpenting adalah memecahkan masalah.

Jika siswa telah berkonsentrasi pada suatu masalah, pemecahan masalah akan efektif nantinya. Setiap mahasiswa pasti menginginkan penyusunan skripsi yang cepat, oleh karena itu fokus pada suatu masalah dalam penelitian perlu mendapat perhatian khusus.

5. Kumpulkan penelitian


skripsi yang dielaborasi harus didukung oleh penyelidikan sebelumnya. Penelitian sebelumnya harus berada dalam konteks yang terstruktur. Penelitian sebelumnya ditulis berdasarkan jurnal dan artikel terpercaya. Jika seorang siswa rajin membaca majalah yang berkaitan dengan topik yang dipilih, akan lebih mudah untuk menulis latar belakangnya.

Dengan rajin membaca jurnal di atas, ide akan lebih mudah didapat. Siswa juga dapat membaca jurnal sebagai referensi gaya penulisan, sehingga memudahkan dalam mengisi latar belakang yang baik dan benar. Selain itu, dengan membaca penelitian sebelumnya, Anda akan memperkaya kosa kata dan pemahaman Anda tentang topik dan objek yang dipilih untuk penelitian.

6. Carilah dukungan berbasis teori dari para ahli


Saat menulis skripsi, seorang mahasiswa tidak bisa leluasa menulis tentang isi skripsi, termasuk latar belakangnya. Siswa harus menyertakan teori ahli sebagai pendukung untuk setiap kalimat tertulis. Teori penulisan dapat didasarkan pada sumber buku teks yang kredibel.

Latar belakang memuat banyak pendapat ahli teori, dapat dipercaya bahwa makalah ini tidak dibuat-buat. Latar belakang akan menjadi gerbang utama bagi dosen yang akan menilai skripsi, untuk menentukan bagus atau tidaknya skripsi.


66

Tags: axia south cikarang tower 3 koridor 1 a ptppa muhammad tonny harjono rainis talaud rizki the titans stmik duta bangsa aris runtuwene badak lampung fc stikes widya husada fatimah sari siregar stim surakarta vokalis alexa adi bing slamet kasidin fadia a rafiq muda frateran mnc travel walikota palopo bonehau bupati kubu raya claudia harahap dr hanung prasetya gege alisa hormones 2008 persitara inews sumut stasiun singojuruh mako tabuni pesawat mig 35 kecamatan prajekan piala eropa 2008 yonif 405 mangkunegara x ria irawan muda pangkalan lesung roland lagonda stand up comedy kompas stikes ppni mojokerto


stimik banjarbaru khamisah suami ira wibowo aden abdul khaliq profil gayus lumbuun alamat pn jakarta selatan brigitta cynthia djalu hakim keith kayamba mahasiswa stmik bani saleh reinard dhanriano rudi setiadi saktia jkt48 alcatel 1b (2022) bambang leo handoko dampal utara eka setyaningsih hanson endra kusuma harga hotel red planet pekanbaru idx imas mochamad romly sugeng prasetyo ptro idx widiyani acara nusantara tv hari ini hot news selebriti irene maria elena levy olivia nur ibu ammar zoni ahmad khoirudin kapitra rusip antara bendera islandia daimon syukri elvandi fernando surya gunung taal lisa agustina lokomotif c 300 negara aubameyang


parlindungan marpaung pmb unigal sangha agung indonesia alycia evyta roy runtu bisalemba eni susilowati kereta cibatuan kyoto sanga fc opi kumis pekerjaan nikita mirzani pahae dimana pelindian adalah luas sulawesi utara rindra padi rossanti ompu hk teddy rusmawan transtudio siapa alan walker sebenarnya apa nama negara konstituen terbesar kedua di britania raya aang kunaefi mayjen tni umboh beby chaesara cindy harahap danpuspom tni bintang 3 dzumafo liga 3 2021 di yogyakarta liga satu inggris tim nauval azhar sprei pemuda pemudi jauh dari agama poncowarno kebumen kiky hapsari erwinsyah harahap puteri indonesia 2015 timnas oman dosen unmuh jember trio saputra dicky iskandardinata ida nurlela kamga tangga nama walikota jakarta barat klub david luiz ksatria baja hitam rx miss grand international 2013 pasar pituruh purworejo persiharjo sukoharjo labakkang wan abud putri duyung bp3 banyuwangi edi sugito fajar rezky glenn victor sutanto foto timnas spanyol bendera yerusalem tegar infantrie pamolokan sumenep kiki maria della sabrina indah putri mendo barat opie kumis terminal bulu pitu purwokerto piala meksiko hotel ambacang logo smkn 3 tasikmalaya kgpaa mangkunegara x bupati takalar jadwal liga 3 indonesia treasure fund investama vokalis the titans yumira banjardowo genuk semarang tanjung senang bupati aceh utara gereja atmodirono hasjim ning kecamatan kaubun sepak bola jepang kode pos pasar baru bima sakti sepak bola logo sman 2 sidoarjo tenggeles marlon da silva massita pemeran kupu kupu malam rahayu effendi saddam hussein digantung ikan kandea sindangpanon gedung fk ui caringin sukabumi wali kota tegal sekarang world bank group ngadiluwih kediri toluena seabank celebes tv kecamatan cileungsi daftar pemenang miss universe dimas irawan edi riwanto puji raharjo museum prabu geusan ulun final piala dunia fifa 2022 halte sumber waras luas wilayah kota jayapura agustin kusumayati pap di kereta pertandingan tim nasional sepak bola jepang bernedeta sikat tabung reaksi surtech bupati magelang ferry yanto marselino ferdinan pasar maospati peringkat sepak bola asia sumber baru jember thomas cup 2012 tim nasional sepak bola indonesia vokalis saint loco anggina kota korsel bandung fc m tony harjono bima garuda buyar winarso daftar miss universe jan geun suk jang geun-suk kapanewon sleman nama nama kota di korea selatan rofita sri hardjanti trans tudio axel matthew peta kota tokyo ricky dp bambang hendarso bandara korea utara bandono benda sirampog brebes dicky iskandar dinata haryadi kumala iiq kestalan liga laos bandung terdiri dari berapa kabupaten psgc ciamis desmice fachlul infithar pt deli pratama angkutan laut luxembourg football pt langkat nusantara kepong marsda tonny harjono muhammad zulhilmi top 10 puteri indonesia 2022 tengku arif yana ernawan yasmin verheijen balabalakang bupati toraja utara cliff muntu gurah kediri hendarso januarisman liga eropa negara lizawati main bola spanyol miss grand international 2014 ghullam mixue srengseng nursyamsiah peguyangan denpasar profil kota padang smada kediri nonton taxi 2 spdlqj super family 100 britania flag desa suwug kecamatan kandeman ta latik aksara bali miss indonesia 2015 munjuljaya pelutan zul arham politeknik kampar psm madiun rumput peking sd santa maria surabaya sv waldhof mannheim andi rivai desa ketanggungan global banking hsbc kelapa gading jakarta timur jkt 48 melody juansyah kri todak luxembourg football federation lubuk tarok sijunjung machliriyadi

imag Cara-Kill-Process-di-cPanel-Anti-Ngadat
Cara Kill Process di cPanel Anti Ngadat

Dalam panduan ini, kami akan membagikan cara menghentikan proses di cPanel melalui cron job. Langkah ini bisa Anda lakuk…

imag Apa-itu-Program-Perkuliahan-Jalur-RPL-Rekognisi-Pembelajaran-Lampau-Recognition-of-Past-Learning
Apa itu Program Perkuliahan Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau / Recognition of Past Learning)?

RPL adalah pengakuan atas Hasil Belajar yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau p…

imag Karna-Hal-ini-Husen-Membunuh-dan-Mutilasi-Pengusaaha-Galon-Isi-Ulang-Irwan-Hutagalung-di-Jalan-Mulawarman-Raya-Tembalang-Kota-Semarang
Karna Hal ini Husen Membunuh dan Mutilasi Pengusaaha Galon Isi Ulang Irwan Hutagalung di Jalan Mulawarman Raya Tembalang, Kota Semarang

Nasib Imam penjual angkringan di dekat lokasi pembunuhan dipertaruhkan. Ia bisa saja dijerat hukum karena lebih memilih …

imag Will-the-United-States-become-the-6th-country-in-the-world-that-defaults-on-debt-aka-bankruptcy-Default-
Will the United States become the 6th country in the world that defaults on debt, aka bankruptcy? Default ?

The United States (US) is faced with the threat of debt default of USD 31.45 trillion or equivalent to Rp. 462,000 trill…

imag WOW-Mark-Zuckerberg-Mendapat-Medali-Emas-pertamanya-di-Turnamen-Bela-Diri-Jiu-Jitsu
WOW Mark Zuckerberg Mendapat Medali Emas pertamanya di Turnamen Bela Diri Jiu Jitsu

CEO Meta dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg memenangkan medali emas di turnamen jiu jitsu pertamanya. Selain medali e…

imag Begini-Cara-Translate-Inggris-Ke-Indonesia-Di-Word-Tanpa-Mengunakan-Google-Translate
Begini Cara Translate Inggris Ke Indonesia Di Word Tanpa Mengunakan Google Translate

Pengguna umumnya menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia menggunakan bantuan Google Translate …

imag Inilah-4-Langkah-Penting-Cara-Menentukan-Target-Pasar
Inilah 4 Langkah Penting Cara Menentukan Target Pasar

Menentukan strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Dimulai dengan mengetahu…

imag Tahukah-anda-kenapa-Madu-berubah-warna-sampai-Hitam-Berbahayakah-dikonsumsi
Tahukah anda kenapa Madu berubah warna sampai Hitam? Berbahayakah dikonsumsi?

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang paling tahan lama dan dapat bertahan lama jika disimpan dengan baik. Sangat…

imag Inilah-perbedaan-HTTP-dan-HTTPS-dan-Pengertiannya
Inilah perbedaan HTTP dan HTTPS dan Pengertiannya

Saat ini, hampir semua situs web disarankan untuk menggunakan protokol HTTPS. Nah, jika Anda ingin beralih ke HTTPS teta…

imag Serupa-Tapi-Tak-Sama-Tahukah-kamu-Inilah-Perbedaan-OLED-AMOLED-Super-AMOLED-Dynamic-AMOLED-dan-LTPO-AMOLED
Serupa Tapi Tak Sama, Tahukah kamu Inilah Perbedaan OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED

Jika ingin merasakan pengalaman visual layar yang lebih menyenangkan, sebaiknya pilih perangkat yang menawarkan panel OL…

Kembali kehalaman sebelumnya